SOLOPOS.COM - Perawatan mobil tua agar performa tetap oke dan irit BBM. (Solopos/Arif Fajar S)

Solopos.com, SOLO — Mobil tua masih banyak penggemarnya di Indonesia, selain harga terjangkau juga karena modelnya yang klasik. Namun banyak yang berpikir mobil tua tidak irit BBM atau boros bahan bakar minyak.

Memang tidak bisa dipungkiri, performa mobil tua tentu mengalami penurunan termasuk urusan bahan bakar yang biasanya juga semakin boros.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Lantas bagaimana agar performa mobil tua terjaga? Berikut beberapa cara merawat mobil tua agar lebih terawat sekaligus irit BBM seperti dilansir Mypertamina.id.

Perbaiki Nosel

Lubang nosel di dalam mesin injeksi sering kali mengalami penyumbatan. salah satu penyebabnya nya adalah kotoran dari sisa pembakaran tidak sempurna.

Sisa pembakaran ini akan mengendap hingga menutup lubang shower. Akibatnya pompa bahan bakar harus menyuplai volume lebih banyak sehingga kendaraan jadi semakin boros.

Baca juga: Mobil yang Irit BBM di Indonesia, Jelas Bikin Hemat Kantong

Cara mengatasinya bersihkan bagian nosel atau ganti nosel bila tak bisa lagi dibersihkan. Pada mobil diesel konvensional, lubang nosel yang tertutup ditandai dengan adanya asap tebal keluar dari knalpot.

Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Mencegah terjadinya penyumbatan akibat sisa pembakaran bahan bakar, sebaiknya gunakan bahan bakar yang tepat sesuai rekomendasi pabrik dan berkualitas.

Salah satu bahan bakar unggulan adalah Pertamax yang bisa Anda dapatkan secara mudah di SPBU Pertamina yang memiliki RON atau nilai oktan 92.

Atau menggunakan bahan bakar yang direkomendasikan sesuai kompresi mesin mobil tua Anda. Sehingga performa mesin mobil lebih terjaga dan konsumsi BBM lebih efisien atau irit BBM.

Baca juga: Daftar Motor yang Tidak Boleh Beli Pertalite, Silahkan Dicek Bro

Cara lainnya untuk menjaga agar performa mobil tua Anda tetap terjaga dan bisa irit BBM, adalah dengan:

Membersihkan Karburator atau Throttle Body Injector

Demi memiliki mobil tua irit BBM dan murah perawatan, Anda juga harus rutin membersihkan karburator atau throttle body injector.

Karena kedua komponen ini memiliki fungsi mencampur udara sekaligus bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Ketika terjadi sumbatan, sudah pasti bakal mengganggu aliran bahan bakar ke ruang bakar.

Lakukan servis berkala, dan saat servis Anda bisa meminta kepada montir untuk membersihkan bagian karburator atau throttle body injector.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya