SOLOPOS.COM - RUTE BARU -- Pesawat Boeing 737-200 seperti ini yang menurut rencana akan digunakan Trigana Air untuk melayani rute Solo-Banjarmasin. (lomboktourguide.com)

RUTE BARU -- Pesawat Boeing 737-200 seperti ini yang menurut rencana akan digunakan Trigana Air untuk melayani rute Solo-Banjarmasin. (lomboktourguide.com)

SOLO – Trigana Air optimistis meraih load factor pada angka 80% dengan pembukaan rute Solo-Banjarmasin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rencananya, penerbangan perdana Trigana Air Solo-Banjarmasin-Balikpapan-Berau ini akan dilakukan 18 April mendatang. Pesawat akan bertolak dari Bandara Adi Soemarmo Solo pukul 11.45 WIB dengan nomor penerbangan TGN 772. Demikian disampaikan Commercial Director PT Trigana Air Service, Daniel S Kurniawan, saat dijumpai wartawan, di sela-sela peluncuran Trigana Air, di Hotel Dana Solo, Kamis (29/3/2012).

“Kami membidik segmen pasar para pedagang dan pekerja dari Jawa Tengah dan sekitarnya yang berdasar hasil survei kami, banyak yang bekerja ke Kalimantan terutama Banjarmasin,” kata Daniel.

Sebelumnya, Trigana Air berencana membuka dua rute dari Solo. Selain ke Banjarmasin, juga ke Pangkalan Bun. “Tapi, untuk ke Pangkalan Bun ini belum bisa kami realisasikan sekarang, karena kami masih harus me-maintain pesawat kami yang diperkirakan selesai Juni nanti. Jadi, sekarang fokus kami adalah rute Banjarmasin,” tambah Sales and Service Manager, Tatang Surya.

Daniel melanjutkan, di Pulau Jawa Trigana Air sudah membuka rute Semarang-Pangkalan Bun. Pembukaan rute Solo-Banjarmasin ini akan semakin memperkuat posisi Trigana Air sebagai salah satu pilihan mobilitas masyarakat Jawa-Kalimantan. “Dan dua rute ini tidak akan saling merebut pasar. Karena segmen pasar ke Banjarmasin dan Pangkalan Bun berbeda,” tandas Daniel. Saat ini Trigana Air sudah menggandeng sekitar 50 lebih agen perjalanan baik yang ada di Solo, Semarang, Jogja maupun Surabaya.

Mengenai profil Trigana Air sendiri, Daniel menjelaskan, Trigana Air nanti akan menggunakan pesawat Boeing 737-200 untuk rute Solo-Pangkalan Bun. Sementara, untuk seluruh armada Trigana Air saat ini tersebar di beberapa wilayah seperti Kalimantan, Papua, Ambon dan Jawa. Trigana Air mengklaim pihaknya sebagai satu-satunya maskapai yang memiliki bisnis model paling lengkap. Karena, selain melayani penerbangan penumpang, Trigana Air juga punya pesawat khusus untuk melayani kargo dan carter. Seperti, untuk kargo Trigana Air punya 2 unit Boeing 737-300 yakni pesawat khusus kargo yang melayani penerbangan di Wamena. Biasanya, pesawat tersebut digunakan untuk kargo BBM. “Kami juga punya 3 unit pesawat Twin Otter yang melayani kargo dan logistik di wilayah Puncak Jaya, Papua,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya