SOLOPOS.COM - Musibah sinagoge di West Bank, Palestina, (Youtube.com-Kagaiya Channel)

Solopos.com, JAKARTA — Musibah maut menyeruak di tengah konflik berdarah Israel dan Palestina. Dua warga Yahudi Israel tewas dan 100 lainnya terluka setelah tribun sebuah sinagoge atau tempat ibadat orang Yahudi di permukiman Yahudi, West Bank alias Tepi Barat, Palestina ambruk.

Dikutip Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI) dari Tempo, rekaman kamera pemantau keamanan yang disiarkan di Channel 12 TV menunjukkan sebuah tribun di dalam sinagoge yang ramai jemaat runtuh. Alhasil, para jemaat berjatuhan dan saling menimpa satu sama lainnya.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Baca Juga: Ini Tips Rumah Rapi & Bersih Jelang Lebaran

“Kami dipanggil lagi ke acara lain di mana ada kelalaian dan kurangnya tanggung jawab. Akan ada penangkapan,” kata Senin, (17/5/2021).

Seorang juru bicara polisi mengatakan saat tribun itu ambruk, ada 650 jemaat yang berada di dalam sinagoge untuk memulai hari raya Yahudi di Shavuot. Acara tersebut diadakan di sinagoge yang masih dalam tahap pembangunan.

Wali kota setempat dan petugas pemadam kebakaran senior serta petugas polisi mengatakan acara itu dilakukan meski tidak ada izin dan peringatan resmi bahwa zona bangunan itu tidak aman.

Berdesak-Desakan

Seorang juru bicara layanan ambulans Magen David Adom mengatakan sedikitnya dua orang tewas. Ambulans dan helikopter militer mengangkut korban luka ke rumah sakit.

Kecelakaan di Givat Zeev, tepat di utara Yerusalem, ini kembali menyoroti pekerjaan aparat keamanan Israel dalam mengawasi acara-acara keagamaan Yahudi yang diikuti banyak orang. Pasalnya dua pekan sebelumnya 45 umat Yahudi tewas dalam sebuah perayaan keagamaan karena berdesak-desakan.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya