SOLOPOS.COM - Trie Utami (JIBI/Harian Jogja/kapanlagi.com)

Trie Utami (JIBI/Harian Jogja/kapanlagi.com)

JOGJA—Merosotnya tren ring back tone (RBT) akhir-akhir ini membuat Tri Utami bernapas lega. Dia menyakini bahwa fenomena itu akan membuat penjualan karya lagu lewat fisik yakni melalui compact disk (CD) akan kembali bangkit lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Aku optimistis dalam waktu dekat ini penjualan CD meningkat seiring menurunnya penggunaan RBT,” katanya kepada wartawan, belum lama ini.

Menurut vokalis Krakatau itu, sudah saatnya penjualan lagu melalui fisik bangkit setelah sekian lama industri musik tanah air terpuruk karena maraknya pembajakan.

Iik demikian ia akrab disapa, melihat biar bagaimanapun penjualan karya lewat fisik akan memiliki banyak keuntungan ketimbang penjualan karya melalui internet atau RBT.  Betapa tidak, karya fisik, kata dia akan lebih banyak melibatkan banyak pihak untuk terlibat.

“Misalnya saja desainer yang membuat sampul CD akan memiliki pekerjaan. Ini berbeda jika band atau musisi hanya melemparkan lagu mereka dalam RBT atau melalui internet,” ujarnya.

Iik menilai penyebaran karya lagu melalui internet juga memiliki kelemahan karena hanya bisa diakses oleh segelintir orang yang paham dengan internet.

“Selain itu  bentuk fisik akan membantu pihak pihak yang berada dibalik dibalik layar yang telah membantu band atau musisi. Karena nama mereka biasanya akan dimunculkan dalam cover,” ujarnya.

Menurutnya pada era 1980 hingga puncaknya pada 1990-an, industri musik tanah air penjualan karya fisik utamanya kaset. Pada masa itu, tiap musisi atau band berlomba lomba membuat desain kaset yang menarik untuk memikat pembeli.

Hal ini pun berimbas pada banyaknya job desainer cover untuk membuat cover. “Aku yakin penurunan RBT ini jadi awal kebangkitan penjualan fisik dan juga kebangkitan bagi seorang desainer cover,” terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya