SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

KULONPROGO: Setelah awal bulan lalu Kelompok Tani (poktan) Tirtowening, Kecamatan Panjatan ditunjuk sebagai wakil kelompok tani dari Kulonprogo dalam penilaian PTT (Pengelolaan Tanaman Terpadu) padi tingkat provinsi, giliran Kelompok Tani Tri Sedyo Mulyo Kecamatan Lendah yang mendapatkan kesempatan untuk mewakili Kulonprogo dalam penilaian yang sama. Hanya saja kali ini kelompok tani yang terletak di Desa Jatirejo tersebut mewakili Kulonprogo dalam penilaian PTT kedelai tingkat provinsi.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dipertahut) Aris Nugroho mengatakan, pemilihan kelompok tani yang memiliki total lahan seluas 19 hektare tersebut didasarkan pada konsistensi hasil produksi dan pengolahan pola tanam yang sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain itu, kelompok tani tersebut juga merupakan satu-satunya kelompok tani yang mampu menjalin kerjasama dengan pihak ketiga. ”Manajemen yang sangat rapi inilah yang membuat poktan tersebut bisa mewakili Kulonprogo,” ucapnya.

Hal ini kemudian dibenarkan oleh Ketua II Poktan Tri Sedyo Mulyo Rasyid. Saat ditemui sesaat sebelum acara penilaian, dirinya menbenarkan bahwa pihaknya melalui KSP Mekar Mas yang menjadi mitra poktan Tri Sedyo Mulyo, beberapa tahun terakhir memang telah menjalin kerjasama dengan PT. Unilever, khususnya untuk pembelian kedelai hitam jenis Mallica.(Harian Jogja/Arif Junianto)

Foto Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya