SOLOPOS.COM - SBY lagi-lagi dibully. Kali ini soal Hambalang. (Istimewa/Facebook.com)

Trending sosmed SBY vs Jokowi merembet di Facebook.

Solopos.com, SOLO – Publik dunia maya sepertinya sedang latah topik SBY vs Jokowi. Tak percaya? cek saja akun media sosial Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo (Jokowi). Postingan terakhir kedua tokoh nasional ini tiba-tiba dipenuhi komentar tentang “Hambalang.”

Promosi BRI Kantor Cabang Sukoharjo Salurkan CSR Senilai Lebih dari Rp1 Miliar

“Sedih melihat aset negara di proyek Hambalang cukup lama mangkrak. Alang-alang sudah tumbuh tinggi. Peralatan-peralatan gedung juga tergeletak begitu saja. Perlu segera dibereskan. Pemerintah akan ambil keputusan secepatnya. Karena apapun, ini sudah menghabiskan uang rakyat triliunan rupiah. Aset negara harus segera diselamatkan,” tulis Edi Yanto Purbo, Jumat (19/3/2016), yang menjadi salah satu komentar terpopuler di postingan itu.

Komentar Edi ini sebenarnya tidak berhubungan dengan unggahan foto SBY yang saat itu sedang memamerkan foto berjudul Soto Lamongan, Masakan Padang, dan Sahabat IFS. Namun jika diperhatikan, postingan yang menyinggung Hambalang ternyata jumlahnya belasan, atau bahkan lebih.

Topik “Hambalang” ini rupanya bukan saja muncul di postingan SBY. Pasalnya, di unggahan foto Jokowi tentang pembangunan ruas tol Surabaya-Mojokerto Seksi IV yang baru di-posting beberapa menit, sudah diisi komentar dengan topik yang sama.

Topik ini memang belakangan populer. Tak hanya di Facebook, Twitter pada Sabtu sore diramaikan “SBY vs Jokowi” dan “Hambalang” di jajaran trending topic. Netizen juga ramai membagikan foto-foto perbandingan keduanya.

Seperti diketahui, kunjungan mendadak Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jumat (18/3/2016), memunculkan kembali memori publik tentang kasus korupsi yang menyeret sejumlah kader Partai Demokrat di era kepemimpinan Presiden ke-VI Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pada saat yang sama, Jokowi menunjukan respons yang cukup unik. Reaksi Presiden Jokowi saat melihat kondisi megaproyek P3SON Hambalang adalah menggeleng-gelengkan kepala. Reaksi ini dianggap sebagai gesture untuk menyindir proyek yang diinisiasi pada masa SBY.

Sebelumnya, kasus korupsi di proyek P3SON Hambalang ini melibatkan sejumlah kader Partai Demokrat yang sudah dihukum pengadilan, di antaranya Bendahara Umum PD saat itu Nazaruddin, Ketua Umum PD saat itu Anas Urbaningrum, dan Menpora saat itu Andi Mallarangeng.

Entah kebetulan atau disengaja, kunjungan Hambalang ini berselang beberapa hari setelah SBY sempat menyindir Jokowi dengan mengatakan di eranya tidak ada kegaduhan antar-menteri.

Bukan cuma itu, kunjungan mendadak Jokowi ke Hambalang ini, bertepatan dengan agenda SBY dan sang istri, Ani Yudhoyono, keliling Pulau Jawa bertema Tour de Java. Bermula dari inilah, ada pihak yang memunculkan kreativitasnya membuat gambar berkonten sindiran (meme), membandingkan kinerja SBY selama 10 tahun (dua periode kepemimpinan) dengan kinerja Jokowi yang masih di periode awal.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya