SOLOPOS.COM - PR Matematika Anak SD yang Heboh di Facebook (facebook.com)

Solopos.com, SOLO – Pekerjaan Rumah (PR) seorang anak SD bisa jadi menghebohkan jagat maya. Diunggah akun Muhammad Erfas Maulana di Facebook, PR ini jadi trending sosmed hari ini.

Seorang pemilik akun Facebook, Muhammad Erfas Maulana menceritakan pengalamannya ketika mengajari sang adik menjawab soal matematika. Erfas menyebut terjadi kesalahan saat sang guru mengajari adiknya menjawab soal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Biasanya murid yang melakukan kesalahan, tapi kali ini saya merasa bahwa guru adek saya lah yang melakukan kesalahan,” buka Erfas dalam unggahan foto di Facebook, Kamis (22/9/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Melalui akun  Facebooknya Muhammad Erfas Maulana menceritakan duduk persoalan PR tersebut. Sang adik yang duduk di kelas II tidak mengerti sehingga meminta bantuannya.

“Suatu malam adek saya kelas 2 SD mendapat PR dari gurunya, soal 4+4+4+4+4+4 = x = karena adek saya belom paham maksud dari soal tersebut, akhirnya adek saya bertanya kepada saya,” katanya.

Erfas yang mengaku sebagai Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Diponegoro ini lantas mengaku percaya diri lantaran soal yang diberikan cukup mudah. Ia pun yakin adiknya dapat menerima bimbingan yang diberikannya dengan baik.

“Mulai lah saya mengajarkan adek saya cara perkalian yang menurut saya lebih mudah dipahami oleh anak kelas 2 SD, 4+4+4+4+4+4 = 4 x 6 = 24, dengan alasan empatnya ada enam kali. Saat itu saya tidak berpikir posisi angka 4 dan 6, toh hasilnya sama saja, toh soalnya “=….x….=”.”

Namun, Erfas justru terkejut setelah mendapati adiknya mengatakan nilai yang didapat hanya 20. Adiknya mengatakan cara yang diajarkan Erfas salah.

“Saya lihat kembali pekerjaanya. Ternyata yang membuat dia disalahkan adalah karena posisi angka 4 dan 6 terbalik. jawaban yang benar cuma 8×8 dan 4×4, mau dibolak-balik pun sama aja. Saya yakin kalo salah satu angka di soal 8×8 dan 4×4 diganti, adek saya bakal dapat nilai 0. hehehe,” sebutnya.

Akhirnya, Erfas pun menggunggah soal tersebut. Dalam gambar terlihat nilai dan coretan tanda salah dari guru. Dia pun sempat menulis sesuatu di bawah mempertanyakan nilai tersebut.

Postingan Erfas ini lantas banyak dibagikan dan dikomentari. Tercatat hingga Senin (22/9/2014) siang, ada 6.664 akun yang membagikan soal ini. Foto juga dikomentari sebanyak 114 kali.20140921221645-1-soal-matermatika-001-didi-syafirdi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya