SOLOPOS.COM - Foto lukisan Hasyim Asy'ari tanpa jenggot. (Istimewa/Twitter)

Trending sosmed kali ini hadir dari foto Hasyim Asy’ari tanpa jenggot.

Solopos.com, JAKARTA – Linimasa media sosial dua hari terakhir heboh foto pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari yang dipajang tanpa jenggot. Foto yang diambil dari acara sambutan penetapan Hari Santri Nasional di Tugu Proklamasi, Jakarta, itu langsung mengundang perhatian.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Foto itu diunggah oleh kemenakan mantan Presiden Abdurrahman Wahid, Ipang Wahid. Dia melihat, gambar yang dipajang di atas panggung, tepatnya di depan patung dwitunggal Soekarno-Hatta berbeda dari gambar yang biasa beredar di kalangan rakyat. “Gaswat! Jenggot Hadratussyeikh hilang,” demikian dikutip dari akun @ipangwahid, Jumat (23/10/2015).

Di Facebook, Ipang mengunggah dua foto yang disandingkan menjadi satu. Foto sebelah kiri menunjukkan gambar Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang sedang berpidato di HSN, dan terlihat foto KH Hasyim Asy’ari yang dipajang dan menjadi latar belakang panggung, tanpa jenggot putih yang menjadi ciri khasnya.
“Masya Allah. Mbah buyutku jenggotnya kemana? Teganya,” kata Ipang yang menulis komentar di foto yang ia posting.

Foto ini lantas menjadi polemik di kalangan pengguna media sosial (netizen) lantaran beberapa waktu lalu sempat muncul polemik soal jenggot. Polemik ini muncul dari Ketua Umum Pengurus Besar (PB) NU, KH Said Aqil Sirad, yang mengatakan jenggot mengurangi kecerdasan.

Sadar pernyataannya menuai pro dan kontra, Said lantas menjelaskan maksudnya. Saiq menyebut pernyataan tersebut telah disalah artikan. Sayangnya, klarifikasi ini tak cukup untuk menghentikan polemik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya