SOLOPOS.COM - Unggahan foto Presiden Jokowi memayungi Gubernur Papua (Facebook/Muhammad Jawy)

Trending sosmed kali ini tentang foto viral Jokowi payungi Gubernur Papua.

Solopos.com, SOLO – Dua foto Presiden Jokowi menjadi viral alias trending sosmed di jejaring sosial. Foto pertama menggambar Presiden Joko Widowo (Jokowi), Senin (17/10/2016), melakukan kunjungan ke Kota Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua. Dari kunjungan itu muncul sebuah foto viral di media sosial yang belakangan menjadi perdebatan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Unggahan foto Presiden Jokowi memayungi Gubernur Papua (Facebook/Muhammad Jawy)

Unggahan foto Presiden Jokowi memayungi Gubernur Papua (Facebook/Muhammad Jawy)

Foto kedua merupakan foto saat Presiden Jokowi menuangkan air mineral ke Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan (Aher). Dua foto tersebut merupakan hasil jepretan fotografer Istana Negara, Agus Suparto.

Ekspedisi Mudik 2024

Foto tersebut diunggah oleh pengguna akun Facebook Muhammad Jawy, Senin pukul 19.49 WIB. Foto yang diambil oleh fotografer Istana Negara, Agus Suparto, itu menampakkan Presiden Jokowi sedang memayungi Gubernur Papua, Lukas Enembe. Di sebelah Presiden Jokowi, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno.

Piyé rasamu nek dipayungi Presiden? Presiden tidak segan mengayomi multisuku dengan Payung Indonesia,” tulis pengguna akun Muhammad Jawy.

Foto tersebut sontak mendapat puluhan komentar posisif yang memuji Jokowi. Namun ada satu komentar yang memiliki sudut pandang lain.

“Logisnya begini, kalau Pak Gub yang megang payung dia harus mengacungkan payung agak tinggi karena badannya lebih pendek dibandingkan Pak Jokowi otomatis dia akan memperlihatkan bagian ketiak. Tidak sopan lho masak Pak Presiden dipertontonkan ketiak hehe,” tulis pengguna akun Arief Yudhawarman.

Mengikuti komentar pengguna akun Arief Yudhawarman, pengguna akun Muhammad Jawy mengunggah foto lain yang menggambarkan Jokowi sedang menuangkan minum untuk Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

Merasa ada pihak yang menganggap foto tersebut sumber perdebatan antar pengguna Facebook, pengguna akun Muhammad Jawy memberikan klarifikasi. Hari Selasa (18/10/2016), pukul 17.48 WIB, pengguna akun Muhammad Jawy memberikan dua poin klarifikasi yang mengklaim komentar yang ada karena foto tersebut bukanlah perdebatan.

Pengguna akun Muhammad Jawy tidak pernah menganggap komentar pengguna akun Arief Yudhawarman sebagai unsur yang meng-counter foto Jokowi memayungi Gubernur Papua. Sehingga foto Jokowi menuangkan air mineral untuk Aher juga bukan bertujuan untuk mendebat

“Itu adalah perspektif lain yang sah, sehingga tidak ada niatan mendebat (apalagi membungkamnya) dengan foto Jokowi menuangkan air minum untuk Aher. Not at All,” tulis pengguna akun Muhammad Jawy.

Pengguna akun Muhammad Jawy juga menyatakan sebuah peristiwa sah-sah saja dilihat dari beberapa sudut pandang. Hal itu akan menambah wawasan, dan tidak perlu menganggap pihak yang berbeda sudut pandang sebagai pihak yang salah.

Poin kedua dari klarifikasi pengguna akun Muhammad Jawy adalah komentar pengguna akun Lilike Murtiningsih. Komentar itu juga bukan mendebat foto yang ada, namun lebih ke sikap satir untuk menyindir netizen yang kerap memberi komentar miring untuk Jokowi.

Di akhir klarifikasinya, pengguna akun Muhammad Jawy merasa kecewa karena ada media yang membuat berita tanpa klarifikasi. “Seolah-olah ada ribut, padahal kita lagi damai sentosa,” tulis pengguna akun Muhammad Jawy. (Muhammad Rizal Fikri/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya