Tren Penguatan IHSG Diprediksi Berlanjut, Cek Saham-Saham Ini

Tren penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih akan berlanjut dalam perdagangan Jumat (12/8/2022).

 Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pergerakan saham. (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Tren penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih akan berlanjut dalam perdagangan Jumat (12/8/2022).

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang mengatakan tren penguatan IHSG didorong kombinasi penguatan lanjutan Indeks DJIA sebesar 0,08 persen menyusul turunnya data PPI AS di bulan Juli disertai penguatan EIDO sebesar 0,42 persen.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Selain itu, naiknya harga beberapa komoditas seperti minyak 2 70 persen, CPO 3,03 persen, nikel 5,64 persen dan timah 0,47 persen berpotensi mendorong IHSG.

Hal tersebut, ditambah lagi dengan berlanjutnya penguatan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang saat ini berada dilevel Rp14.700-an dan berlanjutnya penurunan yield Obligasi Indonesia tenor 10 tahun mendekati level 7 persen Edwin memperkirakan hari ini IHSG bisa bergerak di kisaran 7.130 – 7.185.

Sedangkan, rupiah bisa bergerak di kisaran Rp14.740 – Rp14.800 per dolar AS Adapun, rekomendasi saham pilihan hari ini adalah INCO, ADMR, MDKA, ANTM, ASII, ESSA, SRTG, GOTO, SMRA, EXCL, PWON, CTRA, dan ERAA.

Baca Juga: 5 Pengusaha Mi Instan Terkaya di RI, Hartanya Capai Triliunan Rupiah

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat di zona hijau dengan kenaikan sebesar 1,05 persen pada perdagangan Kamis (11/8/2022).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 15.01 WIB IHSG ditutup parkir di posisi 7.160,38 atau naik 74,14 poin.

Sepanjang perdagangan Kamis, IHSG bergerak di zona hijau pada rentang 7.126,28—7.181,10. Pada penutupan perdagangan, tercatat ada 323 saham menguat, 193 saham melemah, dan 177 saham stagnan alias tidak mencatatkan adanya perubahan. Kapitalisasi pasar berada di atas Rp9.402,75 triliun.

Saham sektor teknologi menjadi pendorong penguatan IHSG dengan kenaikan mencapai 2,76 persen. Penguatan saham sektor teknologi dipimpin oleh GOTO yang naik 5,71 persen, MTDL naik 4,10 persen, kemudian BUKA naik 3,90 persen, dan EMTK naik 3,21 persen.

Baca Juga: Analis Proyeksikan Pencapaian BRI Group Semakin Mengkilap di Akhir 2022

Sektor lain yang turut membawa IHSG terbang pada penutupan adalah sektor industri dasar yang menguat 1,96 persen, properti naik 1,86 persen, dan energi naik 1,05 persen. PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) menjadi saham dengan nilai transaksi perdagangan terbesar kemarin, yakni sebesar Rp897,6 miliar.

Kemudian disusul saham PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) sebesar Rp844,5 miliar dan saham PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) yang mengukir nilai transaksi Rp668,4 miliar.

Berdasarkan volume perdagangn, saham BUMI juga menjadi yang paling aktif diperdagangkan dengan 4,8 miliar saham. Kemudian disusul saham PT Kapuas Prima Coal Tbk. (ZINC) 1,6 miliar saham dan PT Darma Henwa Tbk. (DEWA) sebanyak 1,3 miliar saham.

Adapun emiten dengan kenaikan harga saham tertinggi pada penutupan perdagangan hari ini adalah DILD, KRYA, dan MRAT yang naik masing-masing sebesar 30,87 persen, 25,51 persen, dan 19,33 persen.

Baca Juga: BEI HUT ke-45, Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat Tipis

Research Analyst BNI Sekuritas Maxi Liesyaputra menyebutkan penguatan IHSG turut didukung oleh naiknya indeks Dow Jones Industrial Average pada penutupan kemarin sebesar 1,63 persen, begitu juga dengan S&P 500 yang naik signifikan 2,13 persen, bahkan indeks Nasdaq menguat lebih tinggi sebesar 2,89 persen.

“Penguatan ini terjadi seiring dengan dirilisnya laporan inflasi AS pada bulan Juli 2022 yang mencapai 8,5 persen YoY, lebih baik dari ekspektasi. Inflasi inti juga lebih rendah dibandingkan perkiraan,” jelas Maxi.

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Kolaborasi BRI dan Majoo Permudah Transaksi Nontunai, Termasuk Integrasi QRIS

      Kerja sama BRI dengan Majoo terbagi menjadi tiga hal, salah satunya integrasi QRIS Dynamic BRI yang dapat dimunculkan pada POS Majoo.

      Buy Limit dan Buy Stop: Mana yang Lebih Baik?

      Ketimbang terus memantau harga, investor dapat menetapkan buy limit atau buy stop pada trading yang berlangsung. Ketahui mana yang terbaik di bawah ini.

      Baru 22.867 Merchant yang Tergabung Solo Great Sale 2022

      Total 22.867 merchant SGS 2022 yang sudah tergabung, kategori pasar tradisional yang paling mendominasi.

      Pemerintah Perpanjang Subsidi Kedelai Rp1.000 per Kilogram hingga Desember 2022

      Program memperpanjang subsidi kedelai untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat pengrajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

      Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Jenis Pertamax Terbaru di Seluruh Indonesia

      Harga Pertamax di seluruh Indonesia berbeda-beda. Di wilayah Jawa, Bali, NTT, dan NTB, harga Pertamax turun Rp600 per liter. Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Papua Barat harga Pertamax turun Rp650 per liter.

      Sasar Konsumen yang Batasi Gula, Yakult Light Diluncurkan

      PT Yakult Indonesia Persada meluncurkan produk baru, Yakult Light yang merupakan varian dari Yakult Original dengan kandungan gula lebih sedikit.

      Hari Ini Sabtu 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900 per Liter

      Harga Pertamax turun dari Rp14.500 per liter menjadi Rp13.900 per liter mulai Sabtu (1/10/2022)

      Ayo Jalan-Jalan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Berwisata Pakai Kebaya, The Sunan Hotel Solo Dukung #Kebaya Goes to Unesco

      The Sunan Hotel Solo kembali melakukan gerakan kampanye dukung #Kebaya Goes To Unesco.

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.

      Baznas Solo dan Solopos Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Pengasong Koran

      Baznas Solo bersama Solopos Media Group (SMG) menyalurkan paket bantuan kepada 50 pengasong koran di Solo, Jumat (30/9/2022).

      46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

      Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).

      Widodo Makmur Perkasa Perluas Pasar Daging Ayam ke China

      PT Widodo Makmur Perkasa (WMPP) akan memperluas pangsa pasar ke China.

      Perajin Tahu di Solo Tak Kesulitan Dapat Stok Kedelai, Tapi Harganya Mahal

      Sejumlah perajin tahu dan penjual bahan olahan kedelai di Kota Solo tak mengalami kesulitan mencari stok kedelai.

      Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022

      Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.