SOLOPOS.COM - Ilustrasi protokol kesehatan melawan Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Tren penambahan harian kasus positif Covid-19 Kota Solo mulai menunjukkan tren penurunan, Selasa (1/3/2022). Namun status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) wilayah Soloraya masih di level 3.

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo, Ahyani, mengatakan pada Selasa (1/3/2022) hingga sepekan mendatang, Solo masih menjadi daerah dengan PPKM level 3. Meski begitu ia mengatakan secara umum, jumlah kasus aktif di Solo sudah menunjukkan penurunan.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Kasus mulai melandai, terakhir ini sudah banyak yang sembuh. Semoga, ini mulai sedikit yang positif, kemudian kesembuhan meningkat,” katanya, Selasa (1/3/2022).

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Solo Tambah 432 Orang Sehari, BOR 71%

Ahyani mengatakan awal pekan lalu penambahan harian kasus positif Covid-19 Solo bisa mencapai 400 orang sehari. Namun saat ini tinggal 100-200 orang. Sementara untuk jumlah pasien di lokasi isolasi terpusat (isoter), pada Selasa pagi ada 28 orang. Mereka menempati dua lokasi isoter.

Kedua lokasi isoter tersebut adalah Dalem Priyosuhartan dan Graha Wisata. Tidak disebutkan secara terperinci mengenai persebaran warga yang menghuni tempat isoter tersebut.

Meski jumlahnya terlihat sudah ada penurunan dibandingkan hari-hari sebelumnya, Ahyani memastikan fasilitas isoter akan tetap diaktifkan hingga jumlah pasien nol. Selain fasilitas isoter untuk warga umum, Pemkot juga telah menyiapkan lokasi isoter untuk tenaga kesehatan.

Baca Juga: Hotel di Solo Ini Jadi Lokasi Isoter Nakes Terpapar Covid-19

Isolasi Terpusat

“Isoter nakes disiapkan. Kami fasilitasi nakes yang mau isoter, saat ini sudah disiapkan,” jelasnya. Terpisah, Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo, Nico Agus Putranto, mengatakan pada Selasa siang jumlah penghuni lokasi isoter di Dalem Priyosuhartan dan Graha Wisata total 20 orang.

“Kemarin sore masih 28 orang, tapi ada kepulangan, tinggal 20 orang. Sebanyak 10 orang di Dalem Priyosuhartan dan 10 orang di Graha Wisata. Benteng Vastenburg masih kosong,” katanya, Selasa.

Baca Juga: Siap-Siap, Berikutnya Giliran Pasar Legi Solo Disasar Vaksinasi Booster

Sementara itu, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan meski penambahan harian kasus Covid-19 aktif menunjukkan tren menurun, masyarakat harus tetap waspada. Sebab tren tersebut sifatnya fluktuatif.

“Kita lihat sore ini, kalau jumlahnya di bawah 300 orang mendekati 250 orang, berarti trennya menurun,” katanya. Namun, Gibran mengatakan penambahan kasus Covid-19 masih harus dipantau hingga sepekan dua pekan ke depan. Ia berharap kasus aktif di Solo ini terus menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya