SOLOPOS.COM - Ilustrasi ekspor impor. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA–Tren neraca perdagangan tinggi berlanjut pada periode Maret 2022.

Baca Juga: Aktivitas Impor Meningkat, Begini Dampaknya pada Neraca Perdagangan

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Mohammad Faisal mengatakan meningkatnya surplus neraca perdagangan akan dipengaruhi oleh peningkatan harga komoditas yang terus berlangsung hiingga Maret 2022.

“Dengan kenaikan harga komoditas yang luar biasa Maret, sebenarnya sejak Februari karena konflik Rusia dan Ukraina, nilai ekspor Indonesia jadi meningkat, akan lebih besar lagi dari ekspor Februari,” katanya, Minggu (17/4/2022).

Karena harga komoditas yang terkerek naik, Faisal memperkirakan akan ada tambahan nilai ekspor yang lebih besar dibandingkan bulan sebelumnya.

Baca Juga: Menko Airlangga: Neraca Perdagangan Surplus Naikkan Minat Investor

Di sisi lain, Faisal memperkirakan kinerja impor Indonesia juga akan mengalami peningkatan karena adanya peningkatan konsumsi menjelang Ramadan. Dengan demikian, menurutnya surplus neraca perdagangan Indonesia pada Maret 2022 berpotensi mencapai US$4 miliar.

“Saya perkriakan di Maret 2022 surplusnya akan lebih besar dibandingkan Februari yang US$3,8 miliar, jadi di Maret surplusnya bisa lebih dari US$4 miliar,” kata Faisal.

Sebelumnya. Badan Pusat Statistik mencatat surplus neraca perdagangan pada Februari 2022 mencapai US$3,83 miliar. Surplus tersebut didapat dari nilai ekspor pada Februari 2022 yang mencapai US$20,46 miliar, sementara nilai impor mencapai US$16,64 miliar.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Ekspor Melejit, Surplus Neraca Perdagangan RI Bisa US$4 Miliar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya