SOLOPOS.COM - sejumlah model memeragakan busana rancangan desainer Oscar Lawalata. (ilustrasi/JIBI/dok)

Solopos.com, JAKARTA-– Perancang busana Oscar Lawalata mengatakan tren mode saat ini tidak mendikte dan lebih individual.

Menurut perancang yang banyak membuat karya dari kain-kain Indonesia itu, tugas seorang perancang adalah menyediakan pilihan-pilihan busana yang jelas untuk kebutuhan tren fashion.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Oscar juga mengatakan tren saat ini tidak mendikte, dalam arti setiap orang bisa memilih tren mana saja yang sesuai dengan dirinya atau bahkan memodifikasi tren tersebut.

Ekspedisi Mudik 2024

“Gaya apa pun akan masuk, jadi tren itu sekarang tidak mendikte,” ungkap Oscar.

Dia menilai, setiap kain Indonesia berpotensi menjadi tren fashion mengingat motifnya yang bervariasi dari tiap daerah. Justru, baginya yang menjadi tantangan adalah menjaga kepopuleran kain nusantara yang sudah dikenal seperti batik.

“Tantangan para desainer adalah membuat batik tetap menjadi tren,” tambahnya.

Oscar Lawalata turut berpartisipasi di perhelatan Jakarta Fashion Week 2014 yang digelar 19-25 Oktober 203 di Senayan City, Jakarta. Pada peragaan itu, Oscar bekerja sama dengan Yayasan Jantung Indonesia dengan menghadirkan koleksi bertajuk I am Indonesian.

Koleksi Oscar kali ini didominasi kain songket dan tenun khas Indonesia yang dirancangnya menjadi bentuk dress atau gaun yang feminin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya