SOLOPOS.COM - Warga mengantre naik bus tingkat milik PT Agra Mas di Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri, Sabtu (11/3/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Transportasi Wonogiri, PT Agra Mas meluncurkan dua bus tingkat jurusan Wonogiri-Jakarta.

Solopos.com, WONOGIRI — Tak mau ketinggalan dari Putera Mulya yang sebelumnya meluncurkan bus tingkat jurusan Wonogiri-Jakarta, PT Agra Mas memperkenalkan dua bus tingkatnya kepada warga Wonogiri di Alun-alun Giri Krida Bakti, Sabtu (11/3/2017).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kedua bus tingkat tersebut mengusung mesin Mercedez-Benz OM 457 LA Euro 3 dengan volume silinder 12.000 cc. PT Agra Mas memercayakan kepada PT Adi Putro untuk membuat bodi dan interior kedua bus tingkat tersebut.

Masing-masing bus berkapasitas 50 orang dengan perincian 38 kursi di lantai II dan 12 kursi di lantai I. Kepala Tim Perawatan Unit PT Agra Mas Pool Karawang, Taryo, mengatakan satu bus tingkat tersebut bernilai lebih dari Rp2,2 miliar.

“Biaya pembuatan karoseri sekitar Rp620 juta. Sasis dan mesin busnya senilai Rp1,6 miliar. Ada 50 kursi dengan satu kursi seharga Rp3 juta, jadi Rp150 juta. Belum lagi AC-nya,” tutur dia saat berbincang dengan Solopos.com di Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri, Sabtu (11/3/2017).

Interior bus tingkat milik PT Agra Mas yang terparkir di Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri, Sabtu (11/3/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Interior bus tingkat milik PT Agra Mas yang terparkir di Alun-alun Giri Krida Bakti, Wonogiri, Sabtu (11/3/2017). (Danur Lambang Pristiandaru/JIBI/Solopos)

Taryo menambahkan fasilitas yang di setiap kursi ada televisi 10 inci, sandaran kaki, port USB, bantal, dan selimut. Dispenser, toilet, AC, dan smoking area juga tersedia di kedua bus tingkat tersebut.

Sementara itu, Direktur PT Agra Mas, David Ariawan, mengatakan kedua bus tingkat tersebut sedianya bertrayek Wonogiri-Jakarta. David menambahkan saat ini proses perizinan trayek kedua bus sudah hampir rampung. Dia berharap akhir Maret keduanya bisa beroperasi.

“Rencananya kami mulai melayani penumpang dari Terminal Ngadirojo atau Terminal Giri Adi Pura. Tujuan akhir tetap di Jakarta, namun terminal akhirnya belum ditetapkan. Untuk harga tiket belum final. Rencananya tiket sekali jalan di atas Rp200.000,” ujar dia.

Dia menyambung saat ini jumlah bus PT Agra Mas sekitar 360 unit dengan 20 unit yang melayani trayek Wonogiri-Jakarta. David berharap warga Wonogiri akan semakin nyaman dengan hadirnya kedua bus tingkat itu.

Salah satu pengunjung, Edi Mulyo Hartono, mengapresiasi bertambahnya bus yang melayani trayek Wonogiri-Jakarta. Dengan demikian, warga Wonogiri mempunyai lebih banyak pilihan moda transportasi yang akan mereka gunakan apabila hendak bepergian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya