Tutup Iklan

TRANSPORTASI UDARA : Selain Solo-Jeddah Lion Air Juga Layani Solo-Madinah, Ini Jadwalnya

TRANSPORTASI UDARA : Selain Solo-Jeddah Lion Air Juga Layani Solo-Madinah, Ini Jadwalnya

SOLOPOS.COM - Lion Air (JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

Transportasi udara, maskapai Lion Air membuka rute penerbangan Solo-Madinah.

Solopos.com, SOLO -- Maskapai penerbangan Lion Air kembali membuka penerbangan untuk melayani perjalanan umrah dari Solo karena permintaan masyarakat yang tinggi. Mulai 27 November, rute Solo-Madinah beroperasi melengkapi rute Solo-Jeddah yang menurut rencana dioperasikan 7 November.

Area Manager Lion Air Jateng-DIY, Widi Wiyanti, menyampaikan setelah sebulan rute Solo-Jeddah disosialisasikan ke pelaku biro umrah, seluruh kursi langsung terjual habis. Permintaan dari calon jemaah umrah pun masih besar.

Bahkan ada beberapa tanggal yang permintaannya belum terlayani sehingga akan dipenuhi dengan rute baru ini. Karena tingginya permintaan, maskapai low cost carrier (LCC) ini membuka Solo-Madinah yang terbang setiap Senin pukul 07.05 WIB dan tiba di Madinah pukul 15.54 LT (local time).

Sedangkan dari Jeddah penerbangan berangkat pukul 17.20 WIB dan tiba di Solo pukul 11.10 WIB sehari setelahnya. Lion Air akan ada dua penerbangan setiap pekannya, yakni Senin untuk Solo-Madinah dan Selasa untuk Solo-Jeddah yang berangkat pukul 15.00 WIB.

“Rute Solo-Madinah ini kerja sama dengan NQH Wisata. Rute baru ini rute cantik karena bisa langsung turun di Madinah yang dekat penginapan dan bisa keluar dari Jeddah. Sistemnya carter dan itu langsung satu musim perjalanan umrah yang terbang sepekan sekali. Ada 15 kali perjalanan jadi total ada 30 kali perjalanan umrah,” ungkap Widi saat ditemui wartawan di The Sunan Hotel Solo, Rabu (18/10/2017).

Dia mengungkapkan tipe pesawat untuk penerbangan Solo-Jeddah dan Solo-Madinah sama, yakni Boeing 737 Max-8 dengan kapasitas 175 orang. Meski Solo-Jeddah banyak peminat, Widi mengatakan belum berencana mengganti dengan pesawat lebih besar.

Hal ini karena penerbangan ini baru kali pertama dilaksanakan. Namun jika pasar sudah stabil, tidak menutup kemungkinan rute tersebut akan menjadi reguler dan memanfaatkan pesawat yang lebih besar atau tipe Airbus.

Menurut dia, ada perbedaan harga tiket pesawat untuk Solo-Jeddah dan Solo-Madinah. Harga tiket Solo-Madinah lebih mahal, yakni Rp12,85 juta sedangkan Solo-Jeddah hanya Rp11,8 juta.

Direktur NQH Wisata, Hengki Ekoyanto, mengatakan rute baru ini menyasar pasar Solo, Semarang, dan Jogja. Harapannya banyak masyarakat yang memanfaatkan rute ini sehingga ke depan menjadi rute reguler.

Ketua Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah Haji Indonesia (Perpuhi), Her Suprabu, mengungkapkan rute baru ini semakin memberi banyak pilihan ke masyarakat. Dia optimistis penjualan Solo-Madinah tetap bagus karena selama ini hanya bisa dilayani dari Jakarta dengan biaya Rp28 juta-Rp30 juta.

Melalui Solo, rute ini bisa dijual dengan Rp21 juta-Rp22 juta. Direktur Dewangga Lil Hajj Wal Umrah ini menjelaskan paket umrah yang landing di Madinah lebih mahal karena merupakan rute favorit di mana jemaah tidak perlu menempuh perjalanan tujuh jam dari Jeddah untuk menuju hotel karena hanya bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Selain itu, tarif flight permit lebih mahal.

“Sama seperti sebelumnya, pengisian rute baru ini juga ada kerja sama dengan Perpuhi. Total kursi yang ditawarkan untuk rute Solo-Madinah ini 2.625 kursi. Namun karena masih awal jadi masih butuh untuk meyakinkan konsumen karena umrah juga menyangkut kepercayaan,” kata Her.

Dia mengungkapkan potensi pasar umrah di Soloraya sangat besar. Hal ini karena dari 40.000 calon jemaah haji baru terangkut sekitar 20.000 orang menggunakan Garuda Indonesia.

Meski Lion Air ada penerbangan dua kali dalam sepekan tapi daya angkut hanya sekitar 5.250 orang karena pakai pesawat narrow body. Menurut dia, banyak maskapai penerbangan yang tertarik untuk mengoperasikan perjalanan umrah dari Solo, baik maskapai dari dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara itu, General Manager (GM) PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo, Abdullah Usman, mengungkapkan bulan depan akan ada terminal keberangkatan sendiri khusus untuk umrah. Hal ini diharapkan dapat semakin mempermudah dan memberi kenyamanan kepada jemaah.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.

Hipertensi Komorbid Penyebab Kematian Terbanyak Pasien Covid-19

Selain menjadi komorbid penyebab kematian terbanyak pasien Covid-19, hipertensi dikenal juga sebagai silent killer.

Marak Bangunan Liar di Tepi Jalan Solo-Purwodadi, Ini Sebabnya!

Jumlah bangunan liar di tepi jalan Solo-Purwodadi, tepatnya di saluran irigasi Kedung Kancil di wilayah Doyong dan Soko, Kecamatan Miri, Sragen, terus bertambah.

Lokasi Pendidikan Anak-Anak Perusak Makam Mojo Solo Tak Berizin, Kemenag Jateng: Bubarkan!

Kemenag memastikan tempat pendidikan anak-anak pelaku perusak makam di Mojo, Pasar Kliwon, Solo, tidak berizin dan harus dibubarkan.

Nilai Transaksi Pasar Modal di Soloraya Turun, Kenapa?

Jumlah investor di Soloraya naik signifikan pada semester I tahun 2021, meski nilai transaksi turun karena kondisi pasar modal kurang bagus.

PO Ini Operasikan Bus Premium, Salah Satunya Berpusat di Palur

Bus-bus kelas premium jadi cara sejumlah PO untuk menggaet penumpang saat berpergian, salah satunya PO itu ada di Palur Karanganyar.

Pencurian Toko Ponsel di Madiun Terekam CCTV, Pelaku Kenakan Masker

Aksi pencurian terekam dalam CCTV atau kamera pengintai yang terpasang di dalam toko ponsel Majuhardware, Caruban, Kabupaten Madiun.