SOLOPOS.COM - KA Prambanan Ekspress yang segera digantikan KRL Solo-Jogja (JIBI/Solopos/Dok)

Transportasi Solo, reservasi tiket KA Prameks mayoritas diburu para pelaju.

Solopos.com, SOLO–Hari pertama pelaksanaan kebijakan penjualan tiket kereta api (KA) Prambanan Ekspres (Prameks) kebanyakan diburu oleh para pelaju. Kebanyakan yang dibeli adalah tiket untuk pergi pulang (pp).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Berdasarkan pantauan Solopos.com, hingga Senin (13/6/2016) siang, antrean reservasi pembelian tiket KA Prameks baru sekitar 56 orang. Calon penumpang yang ingin memesan tiket Prameks harus mengisi formulir yang telah disediakan terlebih dahulu. Satu formulir maksimal hanya bisa digunakan untuk memesan empat tiket bagi empat orang yang berbeda dan bisa langsung digunakan untuk pemesanan pp.

Sama halnya seperti pemesanan tiket KA jarak jauh, pemesanan tiket KA lokal ini juga harus menyertakan nomor identitas diri. Kartu identitas tersebut nantinya juga harus ditunjukkan saat boarding kepada petugas.

“Calon penumpang bisa mengambil lebih dari satu formulir asalkan pembelian tiket dilakukan untuk H-7 keberangkatan. Kebanyakan yang melakukan reservasi adalah pelaju yang memang sering memanfaatkan Prameks untuk ke Jogja dan sebaliknya,” ungkap Wakil Kepala Stasiun Solo Balapan, Dwi Hanggono saat ditemui Solopos.com di kantornya, Senin.

Pembelian reservasi tiket ini bisa dilakukan di stasiun yang telah online. Meski begitu, layanan penjualan go show tetap dilakukan tiga jam sebelum pemberangkatan. Hanggono mengatakan hanya pembelian secara reservasi yang diwajibkan menyertakan nomor identitas sedangkan go show atau pembelian tiga jam sebelum keberangkatan tetap dilayani normal seperti biasa.

Dia mengatakan layanan loket go show dan reservasi dibedakan supaya pelayanan bisa lebih cepat. Saat ini loket reservasi berdampingan dengan loket go show, nantinya loket reservasi akan dipindah di sisi barat dan dijadikan satu dengan loket reservasi jarak jauh.

“Pemesanan tiket ini hanya dilayani pada pukul 09.00 WIB-16.00 WIB setiap harinya,” kata dia.

Corporate Communication Manager PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengungkapkan pemesanan tiket paling banyak ada di Stasiun Purwosari dan Stasiun Lempuyangan. Dia mengatakan layanan pemesanan tiket ini dilakukan untuk mengakomodasi pelaju yang waktu pulang jam kerja atau kuliah berhimpitan dengan jadwal KA sehingga sering tidak kehabisan tiket dan harus menunggu untuk keberangkatan selanjutnya.

“Reservasi tiket bisa dikembalikan tapi tetap sesuai aturan yang ada, yakni potongan 25% dan materai Rp6.000. Selain itu, ganti hari juga bisa dilakukan asalkan masih ada tiket yang tersedia dan ada potongan 25%,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya