SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (News.okezone.com)

Transportasi Solo, PT KAI mengoperasikan KA Sidomukti pada masa Lebaran.

Solopos.com, SOLO–PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta mengoperasikan kereta api (KA) Sidomukti pada Kamis-Selasa (7-12/7/2016). Hal ini untuk memenuhi tingginya animo masyarakat untuk memanfaatkan KA yang menghubungkan Solo dan Jogja ini.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Corporate Communication Manager PT KAI Daops VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan meski permintaan tiket KA lokal oleh masyarakat tinggi tapi masih bisa mengangkut seluruh penumpang. Hal ini karena Sidomukti yang biasanya hanya dioperasikan Minggu, selama Lebaran dijalankan selama enam hari berturut-turut. Oleh karena itu, dalam sehari ada 12 jadwal KA lokal yang bisa dimanfaatkan dari dan menuju Solo.

“Tidak ada kendala untuk mengangkut penumpang KA lokal karena bisa mengangkut hingga 150% dari load factor atau sekitar 500-900 penumpang, tergantung rangkaian. Selain itu, idle KA Senja Utama [Sidomukti] juga dioperasikan hingga Selasa tapi apabila animo masih tinggi, tidak menutup kemungkinan akan diperpanjang,” ungkap Eko saat ditemui Solopos.com di ruang Kepala Stasiun Solo Balapan, Kamis (7/7/2016).

Selama libur Lebaran ini pun, rangkaian KA yang dioperasikan juga dimaksimalkan supaya semakin banyak penumpang yang bisa terangkut. Bekas KA Madiun Jaya juga disiapkan apabila ada rangkaian KA lokal yang mogok. Menurut dia, biasanya apabila ada KA Prameks yang rusak diganti dengan KA odong-odong yang hanya tiga kereta dalam satu rangkaian sehingga kapasitas sangat terbatas.

Pemaksimalan kereta juga dilakukan untuk rute jarak jauh dari yang biasanya hanya tujuh kereta dalam satu rangkaian saat ini bisa sampai 10 kereta. Dia mengungkapkan hingga H2 Lebaran, penumpang yang turun di wilayah Daops VI masih sangat tinggi. Penumpang ini biasanya karena tidak mendapat tiket untuk keberangkatan sebelum hari H. Hingga H1 tercatat penumpang yang tiba di Daops VI mencapai 229.996 orang.

“Sejak kemarin [Rabu (6/7/2016)] di [Stasiun] Solo Balapan dibuka dua gate [pintu masuk]. Gate barat untuk penumpang KA lokal sedangkan gate timur untuk penumpang KA jarak jauh. Hal ini supaya tidak terjadi antrean panjang di pintu masuk,” terangnya.

Selain itu, gate di Stasiun Purwosari juga akan ditambah. Lebih lanjut, dia mengungkapkan PT KAI bekerja sama dengan Polda setempat melakukan pengamanan intensif dengan menerjunkan anjing pelacak untuk menyisir berbagai tempat di stasiun besar. Hal tersebut dilakukan untuk mendeteksi bahan peledak, narkoba, serta obat keras dan bahan berbahaya. Pengecekan menggunakan anjing pelacak ini tidak hanya sekali tapi beberapa kali untuk memastikan keamanan penumpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya