Tutup Iklan

TRANSPORTASI SOLO : Perum Damri Gagal Penuhi Janji, Pemkot Ambil Sendiri BST Koridor I di Magelang

TRANSPORTASI SOLO : Perum Damri Gagal Penuhi Janji, Pemkot Ambil Sendiri BST Koridor I di Magelang

SOLOPOS.COM - Batik Solo Trans (BST) melintas di halte bus Jl. Slamet Riyadi Solo saat uji coba oleh Dishubkominfo Solo, Kamis (1/9/2016). Uji coba tersebut untuk mengecek kesiapan jalur yang akan di lalui BST. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Pemkot Solo akhirnya bertindak mengambil sendiri bus BST koridor I yang dibawa ke Magelang oleh Perum Damri.

Solopos.com, SOLO -- Pemerintah Kota (Pemkot) Solo segera menarik lima unit bus Batik Solo Trans (BST) yang kini berada di Magelang. Bus BST tersebut akan dikembalikan sesuai peruntukannya beroperasi di Koridor I.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Solo Hari Prihatno mengatakan lima unit bus BST seharusnya menjadi tanggung jawab Perum Damri. Namun, perusahaan pelat merah tersebut belum juga mengambil bus tersebut sehingga Pemkot Solo mengambil tindakan.

Sebelumnya, Perum Damri menyatakan siap menyelesaikan persoalan BST yang diubah menjadi bus pariwisata itu dalam waktu dua pekan terhitung sejak Senin (22/1/2018). Tenggat waktu tersebut diberikan Pemkot kepada Perum Damri agar mengembalikan 12 unit bus BST sebagai operasional Koridor I.

Tenggat waktu itu diberikan Wakil Wali Kota (Wawali) Solo Achmad Purnomo kepada Direktur Utama Perum Damri Setia N. Milatia Moemin yang mendatangi Balai Kota Solo sebagai buntut surat protes Pemkot ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ihwal operasional 12 bus BST koridor I yang dialihfungsikan.

Baca:

Seperti diketahui, tujuh unit bus BST Koridor I dimodifikasi menjadi bus pariwisata. Selain menjadi bus pariwisata, Pemkot menemukan lima bus bantuan Pemerintah Pusat tersebut dikirim ke Magelang.

“Sampai sekarang belum ada tindak lanjut dari pertemuan itu. Jika memang tidak ada langkah dari Perum Damri, maka kami akan tarik bus BST di Magelang,” kata Hari ketika dijumpai wartawan di Balai Kota, Jumat (23/2/2018).

Bus BST tersebut akan dikembalikan untuk operasional koridor I. Secara informal, Pemkot telah berkomunikasi dengan Dishub Kota Magelang. Dalam komunikasi itu pula diketahui bila lima bus BST bantuan Pemerintah Pusat untuk Kota Solo ternyata mangkrak.

Lima unit armada BST itu sempat dioperasikan oleh pemerintah daerah setempat namun mendapat penolakan keras dari pengemudi angkutan kota di sana. “Jadi kami akan tarik dan gunakan lagi untuk operasional koridor I,” katanya.

Wali Kota Solo F.X. Hadi Rudyatmo mengingatkan Perum Damri untuk mematuhi perjanjian dalam operasional BST di Kota Bengawan. Merujuk perjanjian, bus bantuan pemerintah pusat tidak boleh dialihkan pemanfaatan atau wilayah operasionalnya tanpa izin Pemkot.

Bus bantuan pemerintah pusat itu sejak awal merupakan pengajuan Pemkot dan digunakan untuk operasional koridor I. Bantuan 20 unit bus BST ukuran besar tersebut untuk operasional koridor I diterima Pemkot pada tahun lalu.

Alih fungsi bus BST secara otomotis berdampak pada tak optimalnya operasional BST Koridor I dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Jarak antar armada satu dengan lain jadi terlalu lama sehingga merugikan bagi pengguna moda transportasi massal tersebut.

Tak ingin lagi kecolongan bus BST dialihfungsikan, Pemkot berencana mengecek seluruh armada BST baik dikelola Perum Damri maupun PT BST.

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Warga Solo Positif Covid-19 Dilarang Karantina Mandiri di Rumah, SE Terbit Hari Ini

Warga Solo yang terkonfirmasi positif Covid-19 meski tanpa gejala tidak boleh lagi menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Latihan Lagi, Persis Ingin Lapangan di Solo

Persis perlu berkoordinasi dengan Bhayangkara Solo Football Club (BSFC) yang juga memakai Stadion UNS sebagai tempat latihan.

Temui Dubes Palestina, Ketum PBNU: Menurut Al-Qur'an, Israel akan Kalah

Said Aqil mengatakan NU telah menyatakan dukungan kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak 1938.

Ini 5 Ekses Setuju Kebijakan Baru Privasi Whatsapp

Whatsapp seperti dibahas SAFE net secara resmi menerapkan kebijakan privasi baru mulai Sabtu (15/5/2021) lalu.

Balon Udara Meledak di Delanggu Klaten, Polisi Periksa 6 Orang Saksi

Polisi sudah meminta keterangan dari enam warga Dukuh Krapyak, Desa Sabrang, Delanggu, Klaten, terkait ledakan balon udara dengan petasan,

Pemudik Motor Wajib Rapid Test Antigen Acak saat Balik

Kemenhub bakal mengecek Covid-19 dengan rapid test antigen secara acak terhadap pemudik pengendara sepeda motor yang balik ke Jabodetabek.

Awas Licin! Belasan Sepeda Motor Berjatuhan Di Jalan Seputar Alut Keraton Solo

Belasan sepeda motor mengalami kecelakaan saat melewati jalan yang licin di seputar Alun-Alun Utara Keraton Solo pada Minggu dan Senin.

Gubernur Jateng Minta Seluruh RS Antisipasi Lonjakan Covid-19

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta semua rumah sakit di Jateng siaga potensi lonjakan kasus Covid-19 pasca Lebaran 2021.

Tahukah Anda? Tiap Zodiak Punya Bakat Terpendam!

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia.

Viral Pemotor Nyemplung Pantai Jepara, Ternyata Begini Ceritanya

Dalam video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan seorang pemotor yang tengah terjebak di pantai.

Polrestabes Semarang Gelar Tes Antigen Acak Pemudik di Simpang Lima

Total ada sekitar 100 kendaraan dari luar daerah yang terjaring operasi Satlantas Polrestabes Semarang di Simpang Lima.

Polri Akui Ratusan Kecelakaan di Puncak Arus Balik Lebaran 2021

Polri serius mencegah warga mudik Idulfitri atau Lebaran 2021, meski demikian Polri mengakui ratusan kecelakaan sepanjang puncak arus balik.