Tutup Iklan
TRANSPORTASI SOLO : BST Rute Kartasura-Palur Via Jl. Adisucipto Segera Beroperasi
Halte portabel tersedia di Jl. Ahmad Yani Solo dekat Pasar Ngemplak untuk mendukung operasional bus BST di koridor 4 (Kartasura-Palur) via Jl. Adisucipto, Selasa (25/4/2017). (M. Ferry Setiawan/JIBI/Solopos)

Transportasi Solo yakni BST koridor 4 segera melayani penumpang.

Solopos.com, SOLO -- Dinas Perhubungan (Dishub) Solo tidak lama lagi akan mengoperasikan bus Batik Solo Trans (BST) untuk melayani penumpang di koridor 4 (Kartasura-Palur) via Jl. Adisucipto.

Kasi Angkutan Orang Dishub Solo, Dwi Sugiyarso, menuturkan bus BST koridor 4 bakal melayani penumpang mulai dari Terminal Kartasura-Perempatan Jl. Adi Sumarmo (Pabrik Gula Colomadu)-Jl. AdiSucipto-Tugu Wisnu-Jl. Ahmad Yani-masuk Terminal Tirtonadi-Jl. Ahmaf Yani-viaduk Gilingan-Perempatan Kadang Sapi-Pedaringan-Jl. Ki Hajar Dewantoro (belakang UNS)-Taman Satwa Taru Jurug-Palur. Bus BST di koridor 4 bakal melayani penumpang pulang pergi (PP) dengan menempuh rute yang sama.

"Armada bus untuk operasional koridor 4 sudah siap. Rencananya ada 17 bus yang digunakan untuk melayani penumpang di koridor dengan jarak tempuh 20 kilometer tersebut. Operasionalnya akan dikelola Perum Damri," kata Dwi saat dimintai informasi Espos soal rencana pengoperasian bus BST, Selasa (25/4/2017).

Berdasarkan pantauan, Dishub telah mulai memasang halte portabel di sejumlah lokasi yang akan dilewati bus BST di koridor 4. Dwi mengatakan, Dishub sementara belum bisa membangun halte permanen sebagai sarana untuk naik turun penumpang bus BST di koridor 4 karena keterbatasan anggaran.

"Total ada sekitar 40 halte portabel yang akan kami pasang di 20 lokasi di koridor 4. Sebisa mungkin halte kami pasang saling berhadapan, tapi jika tidak memungkinkan, halte bisa digeser sedikit," ujar Dwi.

Dwi menyampaikan Dishub menentukan rute layanan transportasi umum berdasarkan kanjian akan kebutuhan masyarakat. Penyediaan layanan transportasi umum berupa bus BST di koridor 4 ditujukan khususnya untuk mengakomodasi kalangan pelajar.

"Setelah semua siap, nanti kami sosialisasikan kepada masyarakat terkait jadwal pengoperasian bus BST di koridor 4. Tarifnya sama dengan bus BST di koridor 1 dan 2, yakni flat bagi penumpang umum Rp4.500/orang, sedangkan penumpang kalangan pelajar Rp2.000/orang," terang Dwi.

Ditemui terpisah, Kabid Angkutan Dishub Solo, Taufiq Muhammad, mengklaim potensi jumlah penumpang bus BST yang beroperasi di koridor 4 mencapai 4.000 orang lebih/hari.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho