Tutup Iklan

TRANSPORTASI SEMARANG : Trans Semarang Siapkan Koridor VII, Ini Rutenya...

TRANSPORTASI SEMARANG : Trans Semarang Siapkan Koridor VII, Ini Rutenya...

SOLOPOS.COM - BRT Trans Semarang. (Facebook.com-Trans Semarang)

Transportasi umum Kota Semarang, bus rapid trasit (BRT) Trans Semarang terus memperluas jaringan pelayanan.

Solopos.com, SEMARANG — Transportasi umum populer Kota Semarang, bus Trans Semarang, terus memperluas jaringan pelayanan. Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang selaku pengelola bus rapid trasit (BRT) di ibu kota Jawa Tengah itu mengaku tengah menyiapkan pengoperasian koridor baru, yakni Koridor VII yang akan melintasi Lapak Sementara Pasar Johar.

"Sesuai dengan arahan Pak Wali [Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi] agar ada transportasi umum yang masuk ke relokasi Pasar Johar," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti, di Kota Semarang, Jateng, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, sebanyak 15 unit BRT Trans Semarang yang akan melayani koridor baru itu sudah siap, termasuk pengurusan surat-surat atau administrasi juga sudah rampung. Armada, kata dia, juga sudah menjalani uji kir sehingga tinggal menunggu proses lelang yang ditargetkan pada pertengahan Maret 2018 sudah bisa ditentukan pemenang tendernya.

"Sesuai dengan rencana, launching akan dilakukan pada tanggal 1 April 2018. Bahkan, kalau bisa launching, kami siapkan relokasi Pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang," katanya.

Ia menjelaskan koridor baru itu memiliki rute mulai Terminal Terboyo, Kaligawe, Jl. Wontermonginsidi, Jl. Arteri Soekarno Hatta, kemudian masuk ke dalam relokasi Pasar Johar. Bus lalu melanjutkan rute menuju Jl. Pattimura, Bubakan, Kota Lama, Jl. Pemuda, Tugu Muda, Jl. Imam Bonjol, dan kembali melalui rute semula menuju Terminal Terboyo.

"Koridor VII Trans Semarang memiliki jarak tempuh sekitar 41,6 km dan pool-nya hanya satu, di Terminal Terboyo Semarang. Selter semuanya menggunakan tipe portabel A," katanya.

Nantinya, kata dia, akan dibuatkan selter secara permanen setelah dilakukan evaluasi secara bertahap, terutama di halte-halte yang jumlah penumpang yang naik-turun banyak. "Untuk titik selter, kami akan tempatkan di sebanyak 38 titik. Ya, sementara memang masih selter portabel, tetapi tipe A. Artinya, kapasitasnya besar," katanya.

Dengan pengoperasian Koridor VII Trans Semarang, kata dia, akses transportasi menuju Lapak Sementara Pasar Johar di kawasan MAJT Semarang diharapkan lebih lancar seiring berjalannya aktivitas perekonomian di lokasi itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Zonasi, Akselerasi Pendidikan yang Berefek Samping Buruk

Siswa dan ortu tidak bisa memilih sekolah favorit lewat jalur zonasi, sekolah pun tidak bisa mengharapkan siswa dengan kriteria tertentu.

Jasad Cucu Kadus Mlese Klaten Ditemukan, Hanyut 3,5 Km di Sungai Trucuk

Jasad LAA, 2,  cucu Kadus Mlese, Cawas, Klaten, yang hanyut di Sungai Trucuk ditemukan berjarak 3,5 km dari rumahnya, Jumat (18/6/2021).

Diduga Tertular Istri, Ketua DPRD Bantul Positif Covid-19

Ketua DPRD Bantul, Hanung Raharjo, menjalani isolasi mandiri bersama keluarga setelah dinyatakan positif Covid-19.

Swab Acak Sasar Pengguna Jalan di Kawasan Plaza Manahan Solo, Satu Orang Positif Covid-19

Jajaran Polresta Solo menggelar swab acak di Jl Adi Sucipto kawasan Plaza Manahan pada Jumat (18/6/2021) pagi WIB. Hasilnya, satu orang pengguna jalan terkonfirmasi positif dalam swab test.

Meninggal karena Covid-19, Ini Profil Wan Abud yang Terkenal dengan Ente Bahlul

Ini dia profil dan perjalanan karier dari komedian Wan Abud, pemain sinetron Putri Duyung yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Menko PMK Kunjungi Dukuh di Madiun yang Lockdown, Minta Masyarakat Waspadai Klaster Hajatan

Menko PMK lihat langsung dukuh di Kabupaten Madiun yang menjalani lockdown. Ia meminta warga untuk mewaspadai klaster hajatan.

Bawa Ribuan Butir Obat Terlarang, Pemuda asal Kedawung Sragen Diringkus Polisi

Pemuda asal Dukuh Selorejo RT 32, Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, diringkus polisi karena menjadi pengedar obat terlarang.

Hanyut di Sungai Trucuk, Cucu Kadus Mlese Cawas Klaten Ditemukan Meninggal 

Cucu Kadus Mlese, Cawas, Klaten, yang hanyut di Sungai Trucuk akhirnya ditemukan, meninggal dunia, Jumat (18/6/2021) pukul 12.10 WIB.

Covid-19 Klaster Hajatan di Simo Boyolali: 30 Warga Positif, 2 Dusun Lockdown

Dua dusun di Desa Sumber, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, lockdown sejak beberapa hari terakhir, setelah munculnya kasus Covid-19 klaster hajatan.

Bukan Hanya Nasi Gandul, Ini Sederet Makanan Enak khas Pati

Selain nasi gandul, terdapat makanan enak khas Pati, Jawa Tengah lainnya patut kamu coba saat berkunjung ke kota di pantura ini. Penasaran?

RS Penuh Pasien Covid-19, Pemkot Salatiga Tambah 20 Bed Isolasi

Keterisian bed pasien Covid-19 di RS Kota Salatiga sudah mencapai 90%. Pemkot Salatiga akan menambah 20 bed isolasi pasien Covid-19 di RSUD Salatiga.

Banyumas Belum Perlu Tambah Bed Pasien Covid-19

Banyumas belum perlu tambah tempat tidur untuk pasien Covid-19, karena bed yang tersedia di 15 rumah sakit di wilayah ini masih mencukupi.