TRANSPORTASI SEMARANG : Trans Semarang Siapkan Koridor VII, Ini Rutenya...

TRANSPORTASI SEMARANG : Trans Semarang Siapkan Koridor VII, Ini Rutenya...

SOLOPOS.COM - BRT Trans Semarang. (Facebook.com-Trans Semarang)

Transportasi umum Kota Semarang, bus rapid trasit (BRT) Trans Semarang terus memperluas jaringan pelayanan.

Solopos.com, SEMARANG — Transportasi umum populer Kota Semarang, bus Trans Semarang, terus memperluas jaringan pelayanan. Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang selaku pengelola bus rapid trasit (BRT) di ibu kota Jawa Tengah itu mengaku tengah menyiapkan pengoperasian koridor baru, yakni Koridor VII yang akan melintasi Lapak Sementara Pasar Johar.

"Sesuai dengan arahan Pak Wali [Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi] agar ada transportasi umum yang masuk ke relokasi Pasar Johar," kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti, di Kota Semarang, Jateng, Rabu (14/2/2018).

Menurut dia, sebanyak 15 unit BRT Trans Semarang yang akan melayani koridor baru itu sudah siap, termasuk pengurusan surat-surat atau administrasi juga sudah rampung. Armada, kata dia, juga sudah menjalani uji kir sehingga tinggal menunggu proses lelang yang ditargetkan pada pertengahan Maret 2018 sudah bisa ditentukan pemenang tendernya.

"Sesuai dengan rencana, launching akan dilakukan pada tanggal 1 April 2018. Bahkan, kalau bisa launching, kami siapkan relokasi Pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang," katanya.

Ia menjelaskan koridor baru itu memiliki rute mulai Terminal Terboyo, Kaligawe, Jl. Wontermonginsidi, Jl. Arteri Soekarno Hatta, kemudian masuk ke dalam relokasi Pasar Johar. Bus lalu melanjutkan rute menuju Jl. Pattimura, Bubakan, Kota Lama, Jl. Pemuda, Tugu Muda, Jl. Imam Bonjol, dan kembali melalui rute semula menuju Terminal Terboyo.

"Koridor VII Trans Semarang memiliki jarak tempuh sekitar 41,6 km dan pool-nya hanya satu, di Terminal Terboyo Semarang. Selter semuanya menggunakan tipe portabel A," katanya.

Nantinya, kata dia, akan dibuatkan selter secara permanen setelah dilakukan evaluasi secara bertahap, terutama di halte-halte yang jumlah penumpang yang naik-turun banyak. "Untuk titik selter, kami akan tempatkan di sebanyak 38 titik. Ya, sementara memang masih selter portabel, tetapi tipe A. Artinya, kapasitasnya besar," katanya.

Dengan pengoperasian Koridor VII Trans Semarang, kata dia, akses transportasi menuju Lapak Sementara Pasar Johar di kawasan MAJT Semarang diharapkan lebih lancar seiring berjalannya aktivitas perekonomian di lokasi itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Berita Terkait

Berita Terkini

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balik  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.

Arus Turun Wisatawan dari Tawangmangu dan Ngargoyoso Lancar

Arus turun kendaraan wisatawan dari Ngargoyoso dan Tawangmangu, Karanganyar terpantau lancar Sabtu (15/5/2021) sore.

Mas Abby Eks Napi Teroris Yang Kini Mahir Meracik Siomay, Jualan di Sukoharjo

Kristianto alias Mas Abby mantan anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Malang kini berjualan siomay di sekitar kediamannya di wilayah Sukoharjo.

Lalu Lintas Wonogiri Ramai, Mayoritas Keluar Kota

Lalu lintas di jalan raya Wonogiri pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021) terpantau masih ramai, tetapi lancar. Kebanyakan kendaraan keluar dari Wonogiri.

649 Kendaraan Berpelat Nomor Luar Daerah Terpaksa Putar Balik di Prambanan

Sebanyak 649 kendaraan roda empat berpelat luar daerah harus putar balik selama berlangsung penyekatan pemudik arus balik di Prambanan, Klaten.