SOLOPOS.COM - BRT Trans Semarang. (Facebook.com-Trans Semarang)

Transportasi umum Kota Semarang, bus rapid trasit (BRT) Trans Semarang terus memperluas jaringan pelayanan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Transportasi umum populer Kota Semarang, bus Trans Semarang, terus memperluas jaringan pelayanan. Badan Layanan Umum (BLU) Trans Semarang selaku pengelola bus rapid trasit (BRT) di ibu kota Jawa Tengah itu mengaku tengah menyiapkan pengoperasian koridor baru, yakni Koridor VII yang akan melintasi Lapak Sementara Pasar Johar.

Promosi Peneliti Harvard Ungkap Peran BRI Dorong Inklusi Keuangan lewat Digitalisasi

“Sesuai dengan arahan Pak Wali [Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi] agar ada transportasi umum yang masuk ke relokasi Pasar Johar,” kata Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala BLU Trans Semarang, Ade Bhakti, di Kota Semarang, Jateng, Rabu (14/2/2018).

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, sebanyak 15 unit BRT Trans Semarang yang akan melayani koridor baru itu sudah siap, termasuk pengurusan surat-surat atau administrasi juga sudah rampung. Armada, kata dia, juga sudah menjalani uji kir sehingga tinggal menunggu proses lelang yang ditargetkan pada pertengahan Maret 2018 sudah bisa ditentukan pemenang tendernya.

“Sesuai dengan rencana, launching akan dilakukan pada tanggal 1 April 2018. Bahkan, kalau bisa launching, kami siapkan relokasi Pasar Johar di kawasan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Semarang,” katanya.

Ia menjelaskan koridor baru itu memiliki rute mulai Terminal Terboyo, Kaligawe, Jl. Wontermonginsidi, Jl. Arteri Soekarno Hatta, kemudian masuk ke dalam relokasi Pasar Johar. Bus lalu melanjutkan rute menuju Jl. Pattimura, Bubakan, Kota Lama, Jl. Pemuda, Tugu Muda, Jl. Imam Bonjol, dan kembali melalui rute semula menuju Terminal Terboyo.

“Koridor VII Trans Semarang memiliki jarak tempuh sekitar 41,6 km dan pool-nya hanya satu, di Terminal Terboyo Semarang. Selter semuanya menggunakan tipe portabel A,” katanya.

Nantinya, kata dia, akan dibuatkan selter secara permanen setelah dilakukan evaluasi secara bertahap, terutama di halte-halte yang jumlah penumpang yang naik-turun banyak. “Untuk titik selter, kami akan tempatkan di sebanyak 38 titik. Ya, sementara memang masih selter portabel, tetapi tipe A. Artinya, kapasitasnya besar,” katanya.

Dengan pengoperasian Koridor VII Trans Semarang, kata dia, akses transportasi menuju Lapak Sementara Pasar Johar di kawasan MAJT Semarang diharapkan lebih lancar seiring berjalannya aktivitas perekonomian di lokasi itu.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya