SOLOPOS.COM - • Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kanan), saat mencoba layanan TCash untuk menggunakan layanan transportasi BRT Trans Semarang di Balai Kota Semarang, Jumat (18/8/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Transportasi di Semarang yang dilayani Bus Rapit Trans (BRT) Trans Semarang kini bisa dibayar pakai uang digital T-Cash.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang menjalin kerja sama dengan operator seluler Telkomsel. Kerja sama itu dilakukan dalam bidang transportasi melalui layanan keuangan digital T-Cash untuk pembayaran tiket Bus Rapid Trans (BRT) Trans Semarang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kerja sama pembayaran tiket BRT Trans Semarang menggunakan T-Cash itu ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman oleh Vice President Sales and Marketing Telkomsel Area Jawa Bali, Ericson Sibagariang, dan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, di halaman Balai Kota Semarang, Jumat (18/8/2017).

Hendi BRT.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kiri) dan Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi (dua dari kiri), saat acara peluncuran aplikasi T-Cash untuk BRT Trans Semarang di Balai Kota Semarang, Jumat (18/8/2017). (JIBI/Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

“Fitur pass dalam layanan T-Cash kami hadirkan dalam upaya mempercepat pengembangan konsep smart city sekaligus merupakan wujud dukungan dalam membangun Gerakan Nasional Non-Tunai yang dicangankan pemerintah melalui pembayaran digital,” terang Direktur Sales Telkomsel, Sukardi Silalahi, dalam sambutannya pada acara penandatangan nota kesepahaman itu.

Sementara itu, Hendi, sapaan Wali Kota Semarang, memberi apresiasi terhadap kepedulian Telkomsel terhadap kemajuan Kota Semarang dalam bidang transportasi. Kerja sama itu, diyakini Hendi mampu meningkatkan pelayanan BRT kepada penggunanya. “Kami berharap kerja sama antara Pemkot Semarang dan Telkomsel melalui layanan T-Cash ini mampu meningkatkan kecepatan pelayanan BRT Trans Semarang,” tutur Hendi.

Hendi optimistis inovasi layanan transportas Trans Semarang ini akan disambut baik oleh warga. Apalagi banyak pengguna BRT Trans Semarang merupakan pelanggan Telkomsel. “Seperti disebutkan Pak Sukardi tadi, saat ini Telkomsel punya 180 juta pelanggan. Padahal, jumlah penduduk di Indonesia ada 250 juta jiwa. Berarti hampir 50% lebih dari jumlah penduduk di Indonesia menggunakan Telkomsel. Berarti banyak juga penumpang BRT yang menggunakan Telkomsel,” beber Hendi.

Untuk memperoleh layanan ini, pelanggan Telkomsel yang aktif menggunakan layanan T-Cash dapat dengan mudah mengaktifkan fitur T-Cash Pass pada stiker near-field communication (NFC) T-Cash di selter BRT Balai Kota Semarang atau Kantor Grapari Semarang. Setelah aktivasi layanan T-Cash Tap dan fitur Pass, pelanggan dapat mengalokasikan saldo untuk layanan T-Cash Pass.

Transaksi T-Cash di dalam BRT Trans Semarang dapat langsung dilakukan di dalam bus dengan cara atau menempelkan stiker NFC T-Cash ke terminal pembayaran BRT yang dibawa oleh petugas. Pelanggan dikenai ongkos sesuai dengan tarif yang berlaku, yakni Rp3.500 untuk umum dan Rp1.000 untuk pelajar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya