SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus wisata Kota Semarang. (semarangkota.go.id)

Transportasi, yakni bus tingkat, akan diluncurkan Pemkot Semarang untuk mendukung pariwisata.

Semarangpos.com, SEMARANG – Pemerintah Kota Semarang berniat menggratiskan bus wisata bagi siapa pun yang akan menggunakannya. Namun, syaratnya penumpang harus mengikuti rute yang telah ditetapkan untuk bus yang digunakan sebagai sarana penunjang sarana dan prasarana pariwisata Kota Semarang itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Rencana akan kami gratiskan. Jadi siapa pun warga Kota Semarang boleh naik bus itu tanpa dipungut biaya sepeser pun. Begitu juga dengan wisatawan dari luar, asalkan mereka mengikuti rute yang telah ditentukan,” ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat dijumpai wartawan seusai menghadiri acara pemberian remisi kepada para narapidana di LP Kedungpane, Semarang, Kamis (17/8/2017).

Hendi, sapaan Wali Kota Semarang, menyebutkan bus wisata rencana akan diluncurkan pada 1 September nanti. Bus tingkat dengan tinggi 4,2 meter dan panjang 12 meter ini bahkan telah diujicobakan beberapa kali, salah satunya pada Selasa (15/8/2017).

Saat itu, bus senilai Rp3,5 miliar dan bisa menampung sekitar 70 penumpang itu diujicobakan dengan melintasi rute menuju beberapa tempat wisata di Kota Semarang, seperti kawasan Kota Lama, Kampung Pelangi, Klenteng Sam Poo Kong, dan Museum Ronggowarsito.

Hendi berharap ke depan, masyarakat Jawa Tengah (Jateng), khususnya warga Semarang bisa memanfaatkan bus wisata itu dengan sebaik mungkin. Meski demikian, Hendi berpesan agar dalam menggunakan bus wisata itu masyarakat tidak berebut.

“Karena digratiskan masyarakat juga harus bergantian untuk menaikinya. Jangan berebut. Nanti kita atur titik naiknya bagi penumpang,” imbuh Hendi.

Hendi berharap dengan adanya bus wisata itu bisa semakin menggairahkan pariwisata di Kota Semarang. Ia juga berencana melakukan kerja sama dengan pemerintah kabupaten-kabupaten lain di sekitar Kota Semarang untuk bisa menggunakan fasilitas bus wisata itu.

“Kami akan jajaki kerja sama dengan pemerintah daerah lain, seperti Kendal dan Demak. Supaya nanti wisatawan yang dari Semarang bisa berkunjung ke objek wisata daerah lain dengan menggunakan bus wisata itu,” tutur Hendi.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya