SOLOPOS.COM - Mobil yang turut serta dalam gerakan Nebeng Gratis di Kota Salatiga, Jateng. (Facebook.com-Sahonoe)

Transportasi umum berupa angkutan kota (angkot) di Kota Salatiga yang mogok membuat warga menggagas gerakan massal Nebeng Gratis.

Semarangpos.com, SALATIGA – Mogoknya sopir angkutan kota (angkot) di Kota Salatiga, Jawa Tengah (Jateng) justru berbuah positif bagi sejumlah kalangan. Dengan mogoknya sopir transportasi umum demi menolak hadirnya ojek online di Kota Salatiga itu, warga menggagas gerakan massal Nebeng Gratis.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Gerakan itu digagas dan langsung dilaksanakan sejumlah warga Kota Salatiga yang beruntung memiliki kendaraan bermotor. Para pemilik kendaraan bermotor itu mempersilakan siapa saja yang mengalami kesulitan mendapatkan alat transportasi umum untuk menebeng tanpa dipungut biaya alias gratis sejak Senin (21/8/2017).

Gerakan yang didasari solidaritas sosial tersebut ramai disosialisasikan warganet di grup Facebook Kabar Salatiga saat sebagian warga kesulitan mendapatkan alat transportasi umum sebagai dampak dari demo sopir angkot di Salatiga yang menolak kemajuan teknologi.

“Gerakan #nebenggratis #salatigaberbagi #ilovesalatiga Melanjutkan aksi kemarin [Senin]. Mungkin teman-teman yang berangkat kerja dan balik kerja bawa mobil atau motor bisa ikutan [kegiatan nebeng gratis]. Selama aksi mogok angkot berlangsung. Semampu kita berbuat buat Salatiga tercinta. Terima kasih rekan-rekan yang sudah ikut aksi dari kemarin Ayoooo bergabung,” ungkap pengguna akun Facebook Sahonoe.

Pengguna akun Facebook Sahonoe juga mengunggah beberapa foto mobil yang berpastisipasi dalam kegiatan Nebeng Gratis itu. Dari foto yang diunggah, beberapa mobil tertempel tulisan “Nebeng Gratis” agar warga yang hendak menebeng tak sungkan mencegat mobil-mobil tersebut.

Pujian pun ramai dilontarkan warganet terhadap kegiatan sosial menghadapi dampak mogoknya sopir angkot di Kota Salatiga. Menurut mereka, para sopir yang berdemo sehari sebelumnya justru juga berdapampak positif. Terbukti dengan bersatunya sejumlah warga Salatiga untuk membantu sesama. “Bangga dengan kepedulian masyarakat Salatiga. Good job,” tulis pengguna akun Facebook Salsa Billa.

“Sopir angkot memang istimewa, bisa mempersatukan warga Salatiga,” ungkap pengguna akun Facebook Erick Destroquinlan Irvingclearesta.

Sementara itu, seorang dosen dari Universitas Kristen Satya Wcana (UKSW) Yakub Adi Krisanto, melalui akun Facebooknya, mengabarkan aksi mogok para sopir salah satu alat transportasi umum di Kota Salatiga itu diperkirakan akan berlangsung selama tiga hari atau hingga Kamis (24/8/2017).

Yakub mengungkapkan selama aksi mogo sopir angkot berlangsung, ada beberapa kendaraan bantuan dari jajaran Pemerintah Kota Salatiga yang dapat dimanfaatkan masyarakat. Ia juga mengabarkan titik kumpul jika warga ingin menikmati alat transportasi bantuan tersebut.

“Ran Kodim 0714 : Candi/Gajah. 2.Ran Korem : Kauman Kidul. 3.Ran Satpol PP : Ujung Ujung dan Kel.Tingkir Lor. 4.Ran Polres : Kembangsari/Noborejo. 5.Ran DPU : Randuacir/Pasar Kembang. 6.Ran LH : Kumpulrejo/TPA Ngronggo. 7.Ran Diknas : Salip Putih. 8.Ran Pemkot : Warak/Grogol. 9.Ran Pemkot + Ran Korem : Tamansari. Bagi masyarakat yang akan menggunakan Ran tersebut agar siap di titik kumpul sesuai di atas pukul 06.00 WIB,” ungkap Yakub.

Aksi mogok sopir angkot itu adalah buntut dari demo penolakan hadirnya moda transportasi berupa ojek online yang dilaksanakan sehari sebelumnya. Sopir angkot yang sudah diajak berdialog dengan Wali Kota Salatiga Yuliyanto dan beberapa pihak terkait tampaknya belum puas meski operasional ojek online di Kota Salatiga telah dihentikan untuk sementara waktu. (Ginanar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya