TRANSPORTASI ONLINE : Pemprov Jateng Beri Jatah untuk Taksi Online, Ini Jumlahnya...

TRANSPORTASI ONLINE : Pemprov Jateng Beri Jatah untuk Taksi Online, Ini Jumlahnya...

SOLOPOS.COM - Ilustrasi memindai QR Code pada stiker Angkutan Sewa Khusus untuk mengakses data pengemudi dan mobil angkutan sewa khusus online. (JIBI/Solopos/Antara/Didik Suhartono)

Transportasi, berupa taksi online jumlahnya dibatasi Pemprov Jateng.

Solopos.com, SEMARANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) memberikan jatah bagi angkutan sewa khusus atau taksi online yang diizinkan beroperasi di wilayahnya. Jumlah taksi online yang diizinkan beroperasi di seluruh wilayah Jateng itu rencana hanya sekitar 2.900 unit.

201017-Taksi-Online-(RAHMANTO-ISWAHYUDI)_GrafisHal itu diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Angkutan Tidak Dalam Trayek Dinas Perhubungan (Dishub) Jateng, Dikki Rulli Perkasa, seusai diskusi Menata Transportasi Modern di Era Digital yang digelar Forum Wartawan Provinsi Jateng (FWPJT) di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Jumat (2/2/2018).

“Kuota untuk angkutan sewa khusus [taksi online] di tujuh wilayah di Jateng sudah kami tetapkan. Secara keseluruhan kuota untuk angkutan di Jateng ada 6.652 unit, di mana 2.900 unit di antaranya merupakan angkutan sewa khusus,” tutur Dikki.

Kendati demikian, Dikki mengaku jatah untuk taksi online itu belum sepenuhnya fix. Jumlah kuota untuk taksi darling itu masih perlu dibicarakan lagi dengan dinas perhubungan di tiap kabupaten/kota.

“Nanti masih ada pertemuan lagi antara Dishub Jateng dengan dinas-dinas yang ada di kabupaten/kota. Apa kuota itu masih perlu ditambah atau tidak. Kalau sudah disetujui baru ditetapkan oleh gubernur,” ujar Dikki.

Dikki menambahkan kuota yang diberikan Pemprov Jateng untuk angkutan sewa khusus itu terbilang banyak. Oleh karenanya, ia pun meminta para driver taksi online segera melengkapi persyaratan sesuai dengan yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (PM) No. 108 Tahun 2017 tentang  Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Tidak Dalam Trayek.

Dalam PM 108/2017 itu diatur tentang syarat dan ketentuan bagi sopir taksi online agar diizinkan beropeasi atau tidak dianggap ilegal. Persyaratan itu antara lain, harus melakukan uji Kir, mengganti SIM A reguler menjadi SIM A umum, dipasang stiker, dan memiliki badanhukum sekelas koperasi.

[Baca juga Dipasang Stiker Dishub Jateng, 28 Taksi Daring Diizinkan Beroperasi]

Kendati demikian, dari sekian banyak taksi darling yang beroperasi di Jateng masih sedikit yang memenuhi persyaratan itu. Bahkan, di wilayah Kedungsepur (Kendal, Demak, Ungaran, Salatiga, Semarang, dan Purwodadi) dari total kuota 600 unit taksi online yang diberikan baru sekitar 330 unit di antaranya yang telah mengajukan perizinan.

"Dari 330 unit itu, baru 28 di antaranya yang sudah dipasangi stiker karena sudah bergabung dengan koperasi," ujar Dikki.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Berita Terkait

Berita Terkini

Pasar, Pusat Kuliner, Hingga Sangiran Sragen Tetap Buka Saat Libur Lebaran

Sejumlah fasilitas umum dan pelayanan publik seperti pasar, tempat wisata dan Dispendukcapil Sragen tetap buka selama libur Lebaran.

Penanganan Covid-19 Jelang, Selama dan Setelah Libur Idul Fitri

Secara umum, tingkat kasus aktif Covid-19 dan kesembuhan di Indonesia masih lebih baik daripada global.

4 Orang Positif Tes Antigen, Mal Di Solo Boleh Tetap Buka

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Solo membolehkan mal dan pusat perbelanjaan tetap buka kendati ada empat orang yang positif tes antigen.

Di Usia 75 Tahun, Vespa Hadirkan 7 Warna Baru Penuh Gaya

7 warna baru yang menawan khusus untuk jajaran Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Tak Gelar Open House, Apa Agenda Wali Kota Solo Gibran dan Keluarga Saat Lebaran?

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan tidak akan menggelar open house baik di rumah dinas maupun balai kota pada Lebaran ini.

Ayo Kurangi Mobilitas, Demi Mencegah Persebaran Mutasi Virus Corona

Masuknya varian Covid-19 dari luar negeri telah menyebar di sejumlah daerah di Indonesia. Masyarakat pun diimbau untuk mengurangi mobilitas demi mencegah persebaran mutasi virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Rabu 12 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Rabu, 12 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

MUI Perbolehkan Salat Id Digelar Berjemaah, Begini Ketentuannya

Pelaksanaan salat Id hanya diperuntukkan untuk wilayah dengan status zona hijau.

Bawa Mobil Karatan, Wanita Cantik Ini Bagi-Bagi Duit & Sembako Di Solo

Seorang wanita cantik membagi-bagikan sembako dengan berkeliling menggunakan mobil pikap karatan di wilayah Kota Solo.

Pemkot Madiun Perbolehkan Masyarakat Gelar Salat Idulfitri

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan salat Idulfitri boleh diselenggarakan di masjid-masjid dan harus mematuhi protokol kesehatan.

Juara Liga Italia, Inter Milan Malah Diterpa Krisis Keuangan

Wakil Presiden Inter, Javier Zanetti, mengakui ada masalah keuangan di klub. Dia juga mengatakan tak menutup kemungkinan jika Suning Grup selaku pemilik bisa melego klub.

Yussa Nugraha Kian Dekat ke Laskar Sambernyawa

Manajemen Persis dikabarkan telah mencapai kesepakatan lisan dengan penyerang 20 tahun tersebut.