TRANSPORTASI MASSAL : Jangan Hanya Wacana, Pemprov Jateng Diminta Buktikan Aksi Nyata

TRANSPORTASI MASSAL : Jangan Hanya Wacana, Pemprov Jateng Diminta Buktikan Aksi Nyata

SOLOPOS.COM - indonesiawebsolusi.com

Transportasi massal menjadi target Pemprov Jateng guna mengurai kemacetan. DPRD Jateng meminta Pemprov membuktikan program tersebut bukan sekadar wacana

 

Solopos.com, SEMARANG- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah diminta menunjukkan aksi nyata sebagai bentuk dukungan terhadap kebijakan mengenai transportasi massal guna mengurangi kemacetan lalu lintas yang terjadi di sejumlah daerah.

"Pemerintah jangan hanya lips service, harus real dan salah satu kritik bagi pemprov adalah pemprov tidak mau menempatkan shelter BRT (Bus Rapid Transit) di depan kantor Gubernur Jateng," kata anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Hadi Santoso di Semarang seperti dikutip Antara, Senin (25/5/2015).

Menurut dia, Pemprov Jateng harus menjadi teladan dalam penerapan kebijakan transportasi massal untuk masyarakat.

"Bagaimana kita memaksa sekitar 17.000 pegawai pemprov untuk menggunakan transportasi umum, wong di depan kantor Gubernur Jateng saja tidak ditempatkan shelter BRT," ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Terkait dengan kebijakan transportasi massal, Hadi berpendapat bahwa Pemprov Jateng seharusnya bisa melakukan hal serupa seperti pada penerapan kebijakan penggunaan pakaian adat Jawa seluruh jajaran pegawai negeri sipil di lingkungan pemprov setiap tanggal 15.

"Kalau kemudian seluruh pegawai Pemprov Jateng tidak diperkenankan memakai kendaraan pribadi saat bekerja kan juga bisa, kalau memang pro dengan kebijakan transportasi massal," katanya.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan berencana mengembangkan angkutan aglomerasi sebagai bagian dari transportasi massal di Jawa Tengah guna mengurangi kepadatan kendaraan di jalan raya.

Pengembangan angkutan aglomerasi ini akan mengintegrasikan kendaraan angkutan antardaerah dengan harga tiket yang murah dan akan berhenti pada titik-titik atau halte yang ditentukan.

Koridor Semarang-Bawen menjadi prioritas utama pengembangan angkutan aglomerasi di Jateng karena besarnya potensi permintaan pelayanan angkutan umum pada koridor tersebut dari dan ke pusat kegiatan.

Berita Terkait

Berita Terkini

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.

Mantap! TSTJ Solo Zoo Siapkan Wahana Makan Durian di Tepi Danau

Pengelola Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau Solo Zoo menyiapkan wahana baru makan durian di pinggir danau untuk menarik pengunjung pada Libur Lebaran 2021.

Korban Perahu Wisata Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali: 5 dari Juwangi, 4 Grobogan

Sebanyak sembilan orang menjadi korban kecelakaan perahu wisata terbalik di Waduk Kedungombo, Boyolali, Sabtu (15/5/2021).

H+2 Lebaran, 11.700 Kendaraan ke Jateng Dipaksa Putar Balik

Sebanyak 11.700 kendaraan dari wilayah Jawa Barat (Jabar) yang menuju Jawa Tengah (Jateng) harus putar balikĀ  pada H+2 Lebaran, Sabtu (15/5/2021).

Patroli Objek Wisata Air Klaten, Polisi Tak Temukan Pelanggaran Protokol Kesehatan

Pengelola objek wisata air Klaten juga sudah menyiapkan alat pengeras suara untuk mengimbau ke seluruh pengunjung.