SOLOPOS.COM - Calon penumpang KA Pramex mengantre tiket di Stasiun Solo Balapan, Minggu (3/7/2016). Selama libur Lebaran antusias warga untuk menggunakan kereta api menuju Yogyakarta cukup tinggi. (Nicolous Irawan/JIBI/Solopos)

Transportasi kereta api, PT KAI menawarkan promo tiket Rp17.000 untuk KA jarak jauh dan menengah.

Solopos.com, SOLO–PT Kereta Api Indonesia (KAI) menghadirkan promo tarif tiket kereta api (KA) untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Republik Indonesia. Hal ini sekaligus untuk meningkatkan minat penumpang KA komersial jarak jauh dan menengah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Promo Merdeka ini menawarkan harga tiket KA hanya Rp17.000 untuk KA eksekutif, KA bisnis, dan KA ekonomi yang berangkat atau melintas di Daops VI. Tiket ini berlaku untuk keberangkatan pada 17 Agustus dan bisa dipesan pada 11-17 Agustus,” ungkap Corporate Communication Manager PT KAI Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta, Eko Budiyanto, saat dihubungi Solopos.com, Kamis (11/8/2016).

Dia menyampaikan setiap rangkaian kereta api terdapat 71 tempat duduk yang dikenakan tiket promo. Dia mengatakan untuk KA yang terdapat perbedaan kelas dalam satu rangkaian, komposisi tempat duduk promo, di antaranya 31 tiket promo di kelas eksekutif dan 40 kursi di kelas bisnis.

Apabila terdiri atas tiga kelas, komposisi tiket promo adalah 11 kursi di kelas eksekutif, 25 kursi di kelas bisnis, dan 35 kursi di kelas ekonomi. KA yang memiliki kelas eksekutif dan kelas ekonomi, tiket promo untuk masing-masing dibagi menjadi 31 kursi dan 40 kursi. Sedangkan apabila hanya ada kelas bisnis dan ekonomi, promo yang diberikan di kelas bisnis sebanyak 31 kursi dan ekonomi 40 kursi.

Dia menjelaskan cara memperoleh Promo Merdeka adalah memesan tiket melalui loket di stasiun maupun di seluruh channel external. Kursi yang mendapat promo adalah untuk subclass x, y, dan z yang biasanya berada di dekat pintu dan di dekat toilet. Namun pemesanan akan dilayani selama tempat duduk masih tersedia.

Dia mengatakan petugas loket akan secara aktif menginformasikan dan menawarkan tempat duduk promo asalkan masih tersedia. “Tiket promo ini tidak dapat digabung dengan reduksi ataupun diskon lainnya. Selain itu, tiket ini tidak berlaku untuk pegawai atau pekerja di lingkungan PT KAI,” ujar Eko.

Kepala Stasiun Solo Balapan, Budi Santoso, mengatakan biasanya tiket promo ini diburu oleh calon penumpang. Apalagi promo yang ditawarkan sangat murah, yakni Rp17.000. “Biasanya penjualan tiket promo ini selalu ludes terjual,” kata Budi secara terpisah.

Sementara itu, di Kantor Daops VI/Yogyakarta diadakan kegiatan pasar murah bagi yang memiliki kartu menuju sejahtera (KMS) dan kartu keluarga sejahtera (KKS). Eko mengatakan masyarakat hanya membayar Rp25.000 untuk setiap paket sembako senilai Rp150.000 yang berisi 10 kg beras, dua liter minyak goreng, dan dua kilogram gula pasir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya