Tutup Iklan

TRANSPORTASI JATENG : BRT Trans Jateng Mestinya Tak Hanya di Semarang

 Peluncuran BRT Trans Jateng oleh Gubernur Ganjar Pranowo di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (7/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Wisnu Adhi N.)

SOLOPOS.COM - Peluncuran BRT Trans Jateng oleh Gubernur Ganjar Pranowo di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (7/7/2017). (JIBI/Solopos/Antara/Wisnu Adhi N.)

Transportasi Jateng yang kini didukung BRT Trans Jateng mestinya dikembangkan juga di wilayah luar eks Keresidenan Semarang.

Semarangpos.com, SEMARANG — Pengamat transportasi dari Universitas Soegijapranata Semarang Djoko Setijowarno meminta konsep Bus Rapid Transit (BRT) Trans Jateng mestinya bukan hanya dikembangkan di wilayah eks Keresidenan Semarang.

BRT Trans Jateng Koridor I Semarang Tawang-Bawen dinilai mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di jalur-jalur jalan utama proovinsi ini. “Mudah-mudahan tahun depan, konsep BRT Semarang-Bawen bisa dikembangkan lima sampai 10 koridor lagi, apalagi konsep menggeser bukan menggusur menjadi realita,” katanya di sela-sela peluncuran BRT Trans Jateng Koridor I Semarang Tawang-Bawen di Terminal Bawen, Kabupaten Semarang, Jumat (7/7/2017).

Ia memprediksi dalam waktu singkat BRT Trans Jateng Koridor I Semarang Tawang-Bawen akan menjadi pilihan utama masyarakat. “Sebanyak 18 bus itu nanti pasti kurang, apalagi BRT ini kan mengutamakan benefit bukan profit,” ujarnya.

Kendati demikian, Djoko menyarankan agar BRT antarkabupaten/kota itu menggunakan bus berukuran besar karena jarak tempuh yang relatif cukup jauh. “Akan tetapi, ini awal yang baik, yang penting adalah kelembagaan operator agar diperkuat dan tidak bergantung pada subsidi pemerintah, pihak swasta perlu didorong untuk memberikan CSR [corporate social responsibility] di bidang transportasi,” katanya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meluncurkan 18 unit BRT Trans Jateng Koridor I Semarang Tawang-Bawen di Terminal Bawen dengan dihadiri para pemangku kepentingan tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Peluncuran BRT Koridor I Semarang Tawang-Bawen tersebut disambut dengan antusias masyarakat. Mereka berharap menjadi solusi transportasi yang murah dan nyaman.

Siswa kelas IX SMP Negeri 1 Bawen Marcelino Reza mengaku cukup terbantu dalam hal transportasi ke sekolah dengan adanya BRT Transjateng Koridor I Semarang Tawang-Bawen. “Dengan naik BRT, bisa hemat, uang jajan jadi tambah banyak, mudah-mudahan waktu tempuh bisa tepat waktu,” ujarnya.

Jumlah BRT Trans Jateng Koridor I Stasiun Tawang yang akan beroperasi sebanyak 18 bus dengan enam kali perjalanan pergi pulang per hari, serta beroperasi selama 16 jam mulai pukul 05.00 WIB s.d. 21.00 WIB. Dengan jarak sekitar 36,5 km akan ditempuh selama 90 menit, waktu tunggu untuk masing-masing bus diperkirakan 15 menit s.d. 20 menit. Tiap penumpang umum BRT Trans Jateng dikenai ongkos tiket Rp3.500, sedangkan pelajar dan buruh Rp1.000. Selama tiga hari setelah di-launching, mulai 7 hingga 9 Juli 2017, masyarakat bisa naik BRT dengan gratis.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Espos Plus

Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

+ PLUS Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

Bagi perusahaan siber, privasi, keberlanjutan, perlindungan hukum, dan keamanan fisik berjalan beriringan dengan kepercayaan karena semuanya saling berhubungan.

Berita Terkini

Rekomendasi Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja yang Bagus

Berikut ini terdapat rekomendasi juruan Soshum yang memiliki prospek pekerjaan bagus. Kira-kira apa saja?

Waspada Erupsi Gunung Semeru, Ini Peringatan dari PVMBG

PVMBG melaporkan bahwa erupsi kembali terjadi di Gunung Semeru pada Senin (6/12/2021) pagi.

Upadate! 15 Orang Meninggal & 27 Hilang Akibat Erupsi Gunung Semeru

Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPB memperbarui data korban jiwa maupun korban yang hilang akibat erupsi Gunung Semeru.

Tetap Bugar di Usia 89 Tahun, Inilah Resep dari Mbah Gandung Klaten

Walau sudah berusia 89 tahun, Mbah Gandung tetap sehat sehingga terus membuka Warung Brongkos Cipto Gandung di Desa Gondangan, Kecamatan Jogonalan, Klaten.

Banjir Rendam 3 Kecamatan di Lombok Barat NTB, Begini Kondisinya

Banjir yang melanda beberapa bagian wilayah Pulau Lombok terjadi akibat hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak Minggu (5/12/2021) hingga Senin pagi

+ PLUS Data Jadi Urat Nadi Ekonomi Digital, Kepercayaan adalah Jantungnya

Bagi perusahaan siber, privasi, keberlanjutan, perlindungan hukum, dan keamanan fisik berjalan beriringan dengan kepercayaan karena semuanya saling berhubungan.

Pengusaha Jersey Wonogiri Peraih Penghargaan PLN Punya 80.000 Reseller

Pengusaha jersey asal Kabupaten Wonogiri, Jumariyanto, yang meraih penghargaan kategori Wirausaha Niaga Tangguh (Gold Appreciation) dari PT PLN (Persero), ternyata memiliki 80.000 reseller.

Gunung Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas Sejauh 2,5 Km

Awan panas mengarah ke Besuk Kobokan

Tugas Melanjutkan Transformasi Bagi Dirut Baru PLN Darmawan Prasodjo

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN 2021 menetapkan Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PLN, menggantikan Zulkifli Zaini.

LDA Keraton Solo Gelar Kirab Budaya 90 Tahun Pakasa, Ini Foto-Fotonya

Pakasa dibentuk oleh Paku Buwono (PB) X pada tahun 1931

Ini Pengakuan Siskaeee Pernah Ditawari Main Film Hot dan Open BO

Siskaeee mengaku memiliki banyak fans lelaki, kerap membagikan video seksi, dan pernah mendapat tawaran main film panas, tetapi dia menolak tawaran kencan maupun booking online (BO).

Semeru Erupsi, Operasional Kereta Api di Jawa Timur Berjalan Normal

PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan operasional Kereta Api di wilayah Jawa Timur saat ini masih berjalan normal kendati terjadi erupsi Gunung Semeru.

Ikatan Cinta 6 Desember 2021: Penculik Andin Minta Uang Tebusan

Di bawah ini terdapat sinopsis atau bocoran sinetron Ikatan Cinta episode malam ini, Senin, 6 Desember 2021 yang tayang di RCTI 19.45 WIB.

Ada di Jalanan Solo, Ini Arti Fungsi Marka Jalan Yellow Box Junction

Apa sih arti dan fungsi marka jalan Yellow Box Junction yang kerap ditemukan di simpang perempatan di Kota Solo, Jawa Tengah?

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.