SOLOPOS.COM - Ilustrasi bus tingkat Agra Mas. (Youtube.com)

Transportasi di Jateng diramaikan kiprah Agra Mas yang melayani rute Jakarta-Semarang-Jepara P.P. dengan bus tingkat.

Semarangpos.com, JAKARTA — Transportasi di Jawa Tengah (Jateng) kini diramaikan kiprah Perusahaan Otobus (P.O.) Agra Mas yang melayani rute Jakarta-Jepara dengan bus tingkat (double decker) antar-kota antar-provinsi. “Ini merupakan rute bus tingkap AKAP kedua yang diluncurkan Agra setelah rute Wonogiri di Jawa Tengah” kata Kepala Bagian Operasional Bus Malam Agra Mas Utut Saptio Wibowo di Jakarta, Minggu (28/1/2018).

Promosi Peringati Hari Raya Nyepi, BRI Peduli Bagikan 1.000 Paket Sembako di Bali

Utut mengatakan armada bus tingkat AKAP dilengkapi beberapa fasilitas monitor pada headrest setiap kursi penumpang, toilet, ruang khusus merokok, dan monitor 10 inci. Utut menjelaskan bus tingkat Agra Mas menggunakan mesin dan sasis Scania seri K4101B Opticruise rakitan perusahaan karoseri Adiputro.

Ekspedisi Mudik 2024

Bus tersebut merupakan unit bus double decker keempat dalam armada Agra Mas dengan kapasitas 42 orang terdiri atas 36 kursi di lantai kedua dengan formasi baris 2-2 dan enam orang di lantai pertama dengan formasi baris 2-1. Penumpang dapat memanfaatkan ruang toilet di lantai bawah bagian belakang dan ruang merokok di lantai atas bagian belakang.

Utut menuturkan tarif kursi lantai atas dan bawah berbeda karena perbedaan formasi namun kenyaman material, serta fasilitas tetap sama. Utut menjelaskan rute Jakarta-Jepara melintasi jalur Parung Bogor-Pondok Pinang-Terminal Pulogebang-Semarang-Demak-Kudus-Jepara-Sambung Oyot-Kelet.

“Perkiraan perjalanan sekitar 10 jam ada pemberhentian istirahat dan satu kali makan prasmanan dan satu kali snack sudah termasuk di tiket bus,” ujar Utut.

Terkait pengemudi khusus bus tingkat, P.O. Agra Mas mendaftarkan pelatihan di dealer Scania karena teknologi bus secara elektrik. P.O. Agra Mas menetapkan tarif rute Jakarta-Semarang-Demak-Kudus-Jetak untuk lantai bawah Rp300.000 per orang dan lantai atas Rp215.000/orang. Tarif rute Jakarta-Mayong-Gotri-Cangakaan-Ngabul-Jepara-Mlonggo-Bangsri-Kembang-Keling-Sambung Oyot-Kelet untuk lantai bawah sebesar Rp310.000/orang dan lantai atas Rp225.000/orang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya