SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Bhekti Suryani)

Transportasi Bantul akan dibuat untuk mendukung pembangunan Bandara Kulonprogo

Harianjogja.com, BANTUL–Tak ingin melewatkan momentum pembangunan bandara baru di Kulonprogo, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul segera meresponnya melalui rencana pembangunan jalur jalan baru.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanta mengakui, tahun ini pihaknya memang akan melakukan kajian terkait hal itu. Rencananya, pihak Pemkab Bantul akan menyiapkan jalur jalan baru di Bantul sisi barat.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan, jalur yang disiapkannya itu akan melintas dari Desa Tamantirto Kecamatan Kasihan, kawasan Gua Selarong di Kecamatan Pajangan, hingga berhujung pada Jl. Srandakan, tepatnya di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Cengkiran, Desa Triharjo, Kecamatan Pandak.

Dalam kajian itu, pihaknya masih berencana akan memaksimalkan perbaikan akses jalan yang sudah ada terlebih dulu. Pasalnya, pada akses jalan yang sudah itu, ia menilai masih kurang ideal jika dijadikan jalur alternatif dengan kendaraan bertonase besar.

“Karena nantinya, kendaraan yang lewat sana adalah kendaraan beragam tonase,” katanya kepada wartawan, Minggu (5/2/2017) siang.

Idealnya, lebar jalan untuk akses jalur tersebut setidaknya lebih dari 6 meter. Sedangkan saat ini, sebagian besar jalan yang sudah ada, memiliki lebar tak lebih dari 4 meter saja. “Bahkan di beberapa titik cuma ada yang sekitar 3 meteran saja,” ucapnya.

Lantaran masih dalam format kajian, ia pun menegaskan, realisasi pembangunan fisik akses jalan itu belum akan dimulai 2017 ini. Setidaknya, pembangunan fisik tahap awal nantinya baru bisa dimulai 2018 mendatang.

Terpisah, Kepala Bidang Keselamatan, Teknik, Sarana dan Prasarana (KTSP) Dishub Bantul Cahya Widada mengakui, dengan adanya pembangunan bandara tersebut, pihaknya berharap akan berdampak positif pada perekonomian masyarakat Bantul.

“Salah satunya adalah pergerakan orang dan barang dari bandara ke Jogja dan serta sebaliknya, kami upayakan bisa melintasi Bantul,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya