SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan uji coba transportasi air (Waterway) yang disediakan Pemprov DKI untuk masyarakat Marunda yang nantinya tinggal di rumah susun (Rusun) Merunda, Jumat (16/2/2013). (Emanuel TH/JIBI/Bisnis)

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan uji coba transportasi air (Waterway) yang disediakan Pemprov DKI untuk masyarakat Marunda yang nantinya tinggal di rumah susun (Rusun) Merunda, Jumat (16/2/2013). (Emanuel TH/JIBI/Bisnis)

JAKARTA–Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melakukan uji coba transportasi air di dari Merunda menuju Muara Baru. Pantauan JIBI/Bisnis, perjalanan yang memakan waktu satu jam tersebut mengitari wilayah utara.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Transportasi air berupa kapal mesin yang menghubungkan Marunda dengan Muara Baru Jakarta Utara telah dibuka 14 Februari 2013. Kendaraan umum milik Dinas Perhubungan DKI ini sementara hanya untuk pengungsi waduk Pluit yang bersedia tinggal di rusunawa Marunda.

Kapal berkapasitas penumpang 30 orang tersebut saat ini tanpa dipungut biaya alias gratis khusus bagi warga yang tinggal di rusun Muara Baru. Kapal khusus transportasi laut ini dianggarakan  Rp14 miliar dari kantong APBD 2013 untuk pengadaan kapal sejenis.

Transportasi laut ini nantinya akan menghubungkan  Marunda ke Muara Baru  dengan Ancol, Muara Angka dan Pantai Mutiara. Nantinya  kalau Kanal Banjir Timur (KBT) sudah ada airnya dan terkendali bisa sampai Cipinang Muara dan Duren Sawit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya