SOLOPOS.COM - Adelia Dwi Cahyo (10 bulan) bersama orang tuanya Cahyo Kustaman, 33 dan Dwi Purwanti, 33 saat berada di Gedung Administrasi RSUP Sardjito pada Juli lalu sebelum transplantasi hati. (Harian Jogja/Joko Nugroho)

Transplantasi hati di RSUP dr Sardjito, pasien berhasil melewati masa krisis

Harianjogja.com, JOGJA- Tim dokter Kyoto University tidak mau kembali ke hotel meskipun proses tranplantasi hati di RSUP dr Sardjito sudah berjalan dengan baik. Mereka masih menunggu pasien penerima cangkok hati ini membaik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Operasi berjalan selama 16 jam, yakni mulai jam 09.00 pada Rabu (11/11/2015) dan berakhir pada jam 02.00 pagi pada Kamis (12/11/2015).

Salah satu tim dokter dari Kyoto University, Atsushi Yoshizawa mengatakan tidak ingin kembali ke hotel karena ada beberapa permasalahan pada pasien saat masuk intensive care. Adelia mengalami gangguan pernafasan.

“Setelah selesai semuanya, resipien masuk intensive care. Di sana saluran pernafasan sempat tersumbat, namun bisa ditangani dengan baik dan dilanjutkan perawatannya. Setelah itu tidak ada penolakan pada resipien pada cangkok hati ini dan hingga kini membaik,” kata Yoshizawa.

Yoshizawa mengatakan tranplantasi hati ini berjalan dengan lancar dan cukup sukses. Hati dari pendonor dipotong kemudian dicuci dan ditempelkan ke resipien. Hati resipien yang sudah rusak diambil. Setelah itu tinggal menyambung pembuluh darah dan empedu.

“Setelah satu minggu waktu kritis ternyata memang tidak ada penolakan pada bayinya. Bahkan kemungkinan infeksi juga tidak ada. Hingga kini bisa dikatakan keberhasilannya sudah mencapai 90%. Bahkan pendonor yakni ibunya sudah bisa pulang sedangkan resipien disarankan pindah ke bangsal biasa,” jelas Yoshizawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya