SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/108csr.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/108csr.com)

GUNUNGKIDUL—Transmigran asal Gunungkidul mulai diberangkatkan ke daerah tujuan. Para transmigran akan mendapat lahan, perlengkapan pertanian, rumah serta bahan makanan pokok selama satu tahun.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Transmigran yang diberangkatkan sebanyak lima kepala keluarga (KK) atau 17 jiwa. Sebagian besar transmigran itu berasal dari Girisubo dan Saptosari. Mereka akan diberangkatkan oleh Pemerintah DIY.

Kepala Seksi Pendaftaran dan Penempatan Transmigrasi Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul Agus Istandi mengatakan rombongan transmigran awal itu akan ditempatkan di Tolihe, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara.

“Mereka akan mendapatkan tanah dan rumah dari negara,” kata Agus ketika ditemui di ruang kerjanya, Rabu (21/11). Agus berujar mereka juga akan mendapatkan jaminan hidup berupa bahan makanan pokok selama setahun.

Daerah tujuan transmigrasi lainnya adalah Koto Tengah, Lima Puluh Kota (Sumatera Barat), Air Balui, Musi Banyuasin (Sumatera Selatan), Rasau Jaya, Kubu Raya (Kalimantan Barat), Tumbang Jutuh, Gunung Mas serta Hyang Bana dan Suka Mara (Kalimantan Tengah).

Daerah lainnya Tanjung Buka, Bulungan (Kalimantan Timur) serta Amorome, Konawe Utara (Sulawesi Tenggara). Agus mengklaim cukup jarang transmigran yang pulang dari daerah rantau karena tidak betah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya