Transformasi Penampilan Wawali Solo Achmad Purnomo: Bersih, Berewokan, Bersih Lagi
Bakal calon wali kota Solo, Achmad Purnomo, tengah menanti giliran fit and propher test di Panti Marhaen, Jalan Brigjen Sudiarto, Kota Semarang, Sabtu (21/12/2019). (Semarangpos.com/Imam Yuda S.)

Solopos.com, SOLO — Penampilan baru Wakil Wali Kota Solo atau Wawali Kota Solo, Achmad Purnomo, pada Sabtu (18/7/2020), mencuri perhatian.

Dengan wajah mulus tanpa kumis dan berewok, Purnomo menyapa sejumlah wartawan di Balai Kota Solo. Penampilan baru Purnomo ini jelas sangat berbeda dengan penampilannya saat mendampingi Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo (Rudy), selama ini.

Purnowo mulai berkumis dan berberewok sekira tahun 2017. Sebelumnya, saat sudah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo sejak 2013, dia setia dengan penampilan bersih.

Dijamu Makan Siang Ganjar Pranowo, Gibran Diberi Wejangan Apa?

Purnomo mengakui penampilan anyar ini terkait dengan rekomendasi PDIP dalam Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada Solo) yang mencapai klimaks Jumat (17/7/2020). Kemarin, DPP PDIP telah meresmikan rekomendasi PDIP untuk Pilkada Solo jatuh kepada Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakoso.

“Ya. Ini syukuran karena [masalah] rekomendasi [PDIP Solo] sudah selesai, ” kata Purnomo saat ditanya wartawan apakah penampilan baru itu terkait rekomendasi PDIP.

Masyarakat Solo pasti tak lupa, penampilan baru Purnomo ini sama seperti saat dirinya belum menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, saat masih berstatus calon Wali Kota Solo, Purnomo biasa tampil dengan wajah bersih tanpa kumis dan berewok.

Risma Komentari Gibran Kantongi Rekomendasi PDIP Solo, Singgung Pertemuan Sebelumnya

Purnomo Berbaju Lurik

F.X. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo. (Dokumentasi Solopos)
F.X. Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo (Dokumentasi Solopos)

Pada ajang Pilkada 2015, Purnomo sering tampil bersama Rudy dengan balutan kemeja putih atau baju lurik. Saat masa kampanye Pilkada Solo 2015, Achmad Purnomo bersama Rudy kompak memakai baju lurik. Tak lupa, Wakil Wali Kota Solo itu selalu memakai kacamata.

Penelusuran Solopos.com, Purnomo mulai mengubah penampilan dengan memelihara kumis dan berewok sekitar tahun 2017. Kala itu, dia mengaku sengaja memelihara kumis dan berewok lantaran ingin mencoba penampilan baru.

Purnomo Nyetir Sendiri Sampai Klaten, Pelampiasan Tak Dapat Rekomendasi PDIP Solo?

Kebetulan, sang pasangan, yakni Wali Kota Solo Rudy juga punya kumis tebal. “Saya ingin mencoba wajah baru kalau pakai kumis dan jenggot,” kata dia sekitar tahun 2017.

Penampilan baru Achmad Purnomo, Wakil Wali Kota Solom Sabtu (18/7/2020). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Hari ini Achmad Purnomo kembali ke penampilan awal sebelum 2017 ketika menjadi Wakil Wali Kota Solo. Kumis dan berewok yang dipelihara beberapa tahun ditinggalkan.

Mungkin saja langkah cukur kumis dan berewok itu sama perlambang bahwa dirinya akan segera kembali pada kehidupan sebelum menjadi Wakil Wali Kota Solo. Sebelum menjadi orang nomor 2 di Pemerintah Kota Solo, Purnomo dikenal sebagai dosen dan pengusaha sukses, terutama pengusaha SPBU.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom