TRANSFORMASI BPD : Jokowi Minta BPD Bermain di Proyek Infrastruktur

TRANSFORMASI BPD : Jokowi Minta BPD Bermain di Proyek Infrastruktur

SOLOPOS.COM - Pelabuhan Tanjung Mas di Semarang, salah satu pelabuhan utama di Indonesia. Industri logistik di Indonesia diyakini masih terus tumbuh dengan baik, namun membutuhkan dukungan penyediaan infrastruktur penunjang yang memadai. (JIBI/Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)

Pembangunan infrastruktur yang memiliki nilai proyek besar diharapkan bisa diikuti BPD di berbagai daerah.

Solopos.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengharapkan Bank Pembangunan Daerah (BPD) bersinergi untuk meningkatkan daya saing di sektor pembiayaan infrastruktur.

Dalam pidato peresmian Program Transformasi BPD, Presiden Jokowi menjelaskan pembangunan infrastruktur berbagai daerah sudah bergulir. Sayangnya, BPD belum dapat berperan banyak di dalamnya karena nilai proyeknya sangat besar.

"Kita ingin BPD kita besar, kita ingin BPD kita kuat, kita ingin BPD kita lincah menangkap peluang. Jangan peluang bersliweran depan mata tidak bisa diambil oleh BPD karena permodalannya kurang kuat," katanya di Istana Negara, Selasa (26/5/2015).

Program transformasi BPD bekerjasama antara Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Dalam Negeri, Asosiasi Bank pembangunan Daerah serta mendapat dukungan Gubernur dan DPRD setiap daerah. Diharapkan ini menjadi kesempatan bank daerah semakin kuat modal.

“Gubernur tidak usah ragu menyuntikkan modalnya. Bupati, Walikota, DPRD jangan sulit-sulit menyetujui, [kan sudah] jelas arahnya kemana,” pinta Presiden. Mengenai bentuk sinergi BPD, Jokowi menyerahkan kepada pemangku kepentingan untuk membicarakan.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D. Hadad, mengatakan dimulainya program Transformasi BPD diharapkan mengalami pertumbuhan aset 20% per tahun. Selain itu pada 2025 menjadi tuan rumah di daerah masing-masing.

"Melalui program transformasi dimaksudkan sepuluh tahun ke depan BPD menjadi tuan rumah di daerah masing-masing. Aset tumbuh 20% per tahun," katanya.

Ada enam strategi yang akan ditempuh untuk meningkatkan efektivitas proses bisnis dan risiko yakni pengembangan produk, pengelolaan layanan, pengembangan pemasaran, pengelolaan jaringan, pengelolaan portofolio dan penguatan likuiditas dan permodalan.

Strategi itu akan dikembangkan, dikoordinasikan, dan disinergikan oleh Strategic Group BPD agar tercipta efisiensi dan efektivitas pengelolaan bisnis serta risiko baik di level grup maupun setiap bidang. Dengan pembentukan strategic group, BPD tetap independen namun bersinergi dalam pengembangan dan platform operasi bisnisnya.

Ketua Asosiasi BPD, Eko Budiwiyono, menjelaskan sinergi sudah dimulai dengan produk bersama Simpeda dilanjutkan dengan mobile banking, internet banking, dan platform semua BPD.

Sepuluh BPD sudah bergabung dalam penyatuan produk di antaranya DKI Jakarta, Jateng, Jatim, Jabar, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah. Sekitar 15 BPD lainnya masih dalam proses bergabung. “Sepuluh BPD sudah [bergabung], 15 sudah menyatakan bergabung, dan ini 10 terus kita lanjutkan sampai semua bergabung,” katanya.

Eko menambahkan, yang paling penting dalam tranformasi ini adalah menggalang komitmen penyertaan modal karena selama ini Bank milik daerah masih lemah.

Berita Terkait

Berita Terkini

Setahun Proses Seleksi, 3 Jabatan Eselon II Pemkab Klaten Akhirnya Terisi

Bupati Klaten Sri Mulyani melantik tiga pejabat yang mengisi tiga jabatan eselon II yang selama setahun ini melewati proses seleksi.

Kisah ABG Klaten Terobos Penyekatan: Niat Beli Makan Ke Jogja, Pulang Jadi Tersangka

ABG Klaten yang nekat terobos penyekatan pemudik di Pospam Prambanan niatnya pergi ke Jogja untuk beli makan buat buka puasa.

Dikhawatirkan Picu Kerumunan, Pasar Tiban di Pekalongan Dibubarkan

Meningkatnya aktivitas warga menjelang Lebaran, terutama di Alun-alun Kota Pekalongan rawan memicu penyebaran virus corona.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Selasa, 11 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Warga di 12 Padukuhan di Sleman Dilarang Salat Id Berjamaah

Kalau sudah zona merah, salat Idulfitri baik di masjid maupun lapangan tidak dibolehkan.

Kemenag Jateng Sebut Sudah 300 Ulama Meninggal Akibat Covid-19

Data dari Kementerian Agama pusat ada 300 ulama yang meninggal akibat terpapar Covid-19 se-Indonesia.

Kemenhub Ungkap Potensi Warga Mudik Besok

Kemenhub memperkirakan aktivitas mudik bakal terjadi lagi, Selasa (11/5/2021) besok dan Rabu (12/5/2021) lusa.

Tambang Emas Longsor di Sumbar, 4 Meninggal

Asnedi mengatakan longsor di lokasi tambang itu bukan sekali ini terjadi. Sebelumnya, menurut Asnedi, lokasi tambang itu pernah longsor Januari lalu.

Ustaz Tengku Zulkarnain Meninggal, Dinkes Tracing Safari Dakwah

Dinkes Riau meminta puskesmas yang wilayahnya ketempatan safari dakwah Ustaz Tengku Zulkarnain segera melalukan tracing kontak fisik.

Mudik Dilarang, Pedagang di Madiun Ngeluh Pasar Sepi Jelang Lebaran

Jika dibandingkan dengan momen Lebaran tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kondisi pasar menjadi paling sepi.

Usulan Liga 1 Tanpa Degradasi, Presiden Pasoepati: Ini Kompetisi atau Tarkam?

Presiden Pasoepati, Maryadi Gondrong, menyayangkan munculnya gagasan kompetisi tanpa degradasi di Liga 1 maupun Liga 2. Menurut Gondrong, liga tanpa degradasi sama saja mengebiri ruh kompetisi.