SOLOPOS.COM - Ousmane Dembele (JIBI/Reuters/Michael Dalder)

Transfer pemain diwarnai dengan Barcelona yang memboyong Ousmane Dembele.

Solopos.com, BARCELONA — Ousmane Dembele akhirnya resmi menjadi pemain Barcelona. Penyerang berusia 20 tahun tersebut menjadi pemain termahal kedua dalam sejarah transfer dunia dengan harga 105 juta euro (Rp1,6 triliun) dari Borussia Dortmund ke Barcelona.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dembele menjadi pemain termahal setelah Neymar yang hengkang dari Barcelona ke Paris Saint Germain (PSG) dengan dana tebusan 222 juta euro (Rp3,4 triliun) musim panas ini. Harga Dembele itu bahkan masih bisa bertambah 40 juta euro (Rp636 miliar) tergantung performanya di Camp Nou, markas Barcelona, nanti.

Dembele akan diplot di sayap kiri serangan Barcelona yang ditinggalkan Neymar ke PSG. Dia tidak hanya akan mewarisi posisi Neymar di samping Lionel Messi dan Luis Suarez. Dembele juga bakal mengenakan nomor punggung 11 di Barcelona yang semula menjadi milik Neymar.

“Dembele pemain yang bisa membawa bola ke depan, itu hal yang hilang dari kami [setelah kehilangan Neymar] dan kami membutuhkan itu. Dia bisa bermain dalam dalam dua posisi, dia bisa bermain di penyerang sentral sebelumnya. Dia memberi kami banyak pilihan. Dia cepat, cekatan, dan teknikal,” jelas Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde, seperti dilansir Sport.es, Sabtu (26/8/2017).

Di usia yang tergolong belia sebagai pemain, Dembele mampu mencuri perhatian dengan Dormund di Liga Champions musim lalu. Dalam catatan Squawka, dia menjadi pemain yang paling banyak mengoleksi assist di turnamen paling prestisius di Eropa itu musim lalu, yakni enam kali. Statistik itu bisa dijadikan acuan Barcelona untuk memberi peran bagi Dembele sebagai “pelayan” bagi rekan-rekannya di lini depan untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Sementara keberhasilan Barcelona merekrut Dembele tidak lantas menyumpal rumor transfer gelandang serang Liverpool, Philippe Coutinho, ke Camp Nou. Seperti diketahui, Liverpool berusaha mengeblok transfer Coutinho ke Barcelona kendati sang pemain telah meminta klubnya untuk dimasukkan daftar jual. Coutinho pun disebut-sebut meminta Barcelona untuk tidak menyerah mendapatkan dirinya meski raksasa Catalan sudah resmi meraih tanda tangan Dembele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya