Transaksi Tokopedia Naik, Ini Tren Belanja 2021 di Jawa Tengah dan Solo

Tren belanja Tokopedia mencatat pertumbuhan positif.

 Belanja melalui aplikasi Tokopedia. (Ilustrasi/Istimewa)

SOLOPOS.COM - Belanja melalui aplikasi Tokopedia. (Ilustrasi/Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA-Tren belanja Tokopedia mencatat pertumbuhan positif. Hal ini bisa dilihat dari jumlah transaksi sepanjang 2021 di Jawa Tengah dan Solo mengalami peningkatan hampir dua kali lipat.

Kategori Kesehatan, Handphone & Tablet, Elektronik, Makanan & Minuman, Otomotif menjadi beberapa kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi. Sedangkan dari sisi konsumen, Tokopedia mencatat terjadinya peningkatan pengguna hampir dua kali lipat di Jawa Tengah pada periode 2021 dibandingkan pada tahun 2020.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Berdasarkan siaran pers yang diterima Solopos.com pada Kamis (19/5/2022), tren belanja di Tokopedia ini turut didorong oleh deretan inisiatif mulai dari Home Living SALEbrations, yang merupakan kampanye terbesar pada kategori Rumah Tangga, juga Tokopedia Peduli Sehat, yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.

Baca Juga: Top! Bos Tokopedia Masuk List Most Extraordinary Women Business Leader

Selain itu, Tokopedia NOW! yang membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran.  Selain itu ada juga Tokopedia Nyam! di mana masyarakat bisa mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman dan efisien. Berbagai macam produk teknologi terkurasi dengan jaminan harga murah juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno.

Tokopedia juga terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada pegiat usaha, termasuk pegiat UMKM lokal, untuk bisa beradaptasi di tengah pandemi melalui pemanfaatan teknologi melalui beberapa inisiatif hyperlocal. Salah satu inisiatif hyperlocal adalah dengan mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan UMKM di seluruh penjuru Indonesia dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh, misalnya lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).

Baca Juga: Kado Manis Ultah Solo, Omzet UMKM Naik 5 Kali Lipat Lewat Tokopedia

Kini masyarakat di 99% kecamatan di Indonesia bisa mengakses produk dan layanan Tokopedia, serta membeli dan memakai produk dari toko lokal untuk berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Selain itu, Tokopedia juga mengadakan Kelas Maju Digital (KMD) yang dilaksanakan di beberapa daerah di Indonesia. Webinar telah sukses dilaksanakan di Jakarta dan di kota lainnya seperti; Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Tangerang, Sumatra, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara yang sukses dihadiri oleh lebih dari 1.000 seller

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkini

Jangan Tertipu yang Palsu, Kenali Ciri Aplikasi MyPertamina Asli

PT Pertamina Patra Niaga memberikan peringatan kepada para penggunanya untuk berhati-hati dengan aplikasi tidak resmi MyPertamina alias palsu. 

BRI UMKM EXPO(RT) Brilianpreneur Raih Marketeers OMNI Brand of the Year

BRI terus berkomitmen untuk memberikan kontribusi terbaiknya untuk mendorong kemajuan, peningkatan kapabilitas dan kualitas produk UMKM ke pasar internasional.

Manfaatkan Sisa Pembakaran Batu Bara, Ini yang Dilakukan PLN

PT PLN (Persero) melalui anak usahanya, PT Indonesia Power (IP), menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang dalam pemanfaatan sisa pembakaran batu bara atau fly ash bottom ash (FABA) di PLTU milik IP yang berada di Tangerang.

Beredar Hoaks Soal Kredit Tanpa Agunan, Ini Penjelasan BNI

BNI memberikan penjelasan terkait kabar bohong atau hoaks mengenai penyaluran kredit tanpa agunan yang meresahkan masyarakat terutama nasabah.

Hotel di Solo bakal Fully Booked pada November 2022, Ini Penyebabnya

Bila hanya mengandalkan kamar hotel, dipastikan tidak akan mencukupi untuk semua peserta dan penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Kota Solo.

Harga Bitcoin Anjlok Lagi, Apakah Masih Layak Dibeli?

Aset kripto Bitcoin kembali anjlok di akhir pekan ini yang dinilai masih dalam fase bearish.

Beri Kemudahan Pelanggan, PLN Mobile Ramai-Ramai Diunduh Anggota TNI AD

Hadirnya aplikasi PLN Mobile yang memberikan kemudahan layanan disambut antusias oleh pelanggan, termasuk dari kalangan militer.

Pemerintah Siapkan Skema Offline Kartu Prakerja, Apa Bedanya?

Kemenko Ekonomi bersama pemangku kepentingan (stakeholder) terkait mulai mempersiapkan skema normal atau pelaksanaan secara offline untuk program Kartu Prakerja.

Transisi Beli Minyak Goreng Pakai PeduliLindungi Diperpanjang 3 Bulan

Sosialisasi dan transisi pembelian minyak goreng curah rakyat (MCGR) dengan aplikasi PeduliLindungi akan diperpanjang menjadi tiga bulan.

Anjlok Makin Dalam! Cek Harga Emas di Pegadaian, Sabtu 2 Juli 2022

Akhir pekan ini harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Sabtu (2/7/2022) turun, baik untuk cetakan UBS ataupun Antam.

Hore...Jalur KA Sawahlunto-Muaro Kalaban Akan Aktif Lagi

PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) mulai memperbaiki sarana dan prasarana jalur kereta api (KA) Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat, Jumat (1/7/2022).

Meriahkan Ulang Tahun, Yamaha Gelar Lomba Foto Berhadiah Sepeda Motor

Bulan Juli selalu menjadi momen istimewa bagi Yamaha yang memperingati hari ulang tahun (HUT) dengan berbagai tema menginspirasi salah satunya dalam wujud lomba foto.

AHM Luncurkan New Honda ADV160, Ini Keunggulan dan Harganya

PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan skutik baru versi ADV, yakni skutik penjelajah New Honda ADV160.

Organisasi Kepemudaan Islam dan Kristen Gugat Holywings Rp35,5 Triliun

Organisasi kepemudaan Islam dan Kristen, Aliansi Pemuda Nusantara menggugat perusahaan yang menaungi operasional Holywings, PT Aneka Bintang Gading sebesar Rp35,5 triliun.

Dana Rp61,01 Triliun Terhimpun dari Pajak Program Pengungkapan Sukarela

Pajak penghasilan (PPh) yang terkumpul dari Program Pengungkapan Sukarela (PPS) selama Januari hingga penutupan pada 30 Juni 2022 sebesar Rp61,01 triliun.