SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos)

Transaksi nontunai di Jogja semakin bergairah

 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Harianjogja.com, JOGJA–Animo masyarakat terhadap penggunaan transaksi nontunai dinilai terus meningkat. Satu indikasinya yakni penarikan uang oleh perbankan saat libur Lebaran yang mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) DIY Hilman Tisnawan mengatakan, pada 2015, penarikan oleh perbankan mencapai Rp4,6 triliun pada masa libur Lebaran.

Namun, tahun ini hanya sebesar Rp3,9 triliun. Hal itu berarti lebih rendah dari prediksi BI sebelumnya yakni Rp5,1 triliun hingga Rp5,5 triliun.

“Penurunan terjadi kemunkinan karena naiknya nontunai. Semakin banyak masyarakat yang lebih menyukai transaksi nontunai,” kata dia.

Sementara itu, perputaran uang yang terjadi di DIY selama masa libur Lebaran sekitar Rp5 triliun. Untuk arus uang yang kembali masuk ke BI sampai saat ini baru mencapai Rp800 miliar.

Arus uang yang masuk ke BI diperkirakan mencapai puncaknya pekan depan. Uang yang masuk dari perbankan didominasi pecahan Rp100.000 dan Rp50.000.

“Ini baru H+8 dan perbankan masih menerima setoran. Minggu depan akan kelihatan lagi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya