SOLOPOS.COM - Ilustrasi gaji dan tunjangan pegawai. (Istimewa/Freepik).

Solopos.com, JAKARTA – Consumer Payment Attitudes Study 2022 Visa Indonesia mencatat adanya peningkatan penggunaan pembayaran via dompet digital hingga 93 persen. Berikut adalah sejumlah alasan orang mulai meninggalkan uang tunai sebagai alat transaksi.

Presiden Direktur Visa Indonesia Riko Abdurrahman menuturkan terdapat beberapa faktor yang mendorong peningkatan penggunaan pembayaran secara cashless tersebut. Adapun, alasan keamanan dinilai masih menjadi faktor utama yang mendorong proses migrasi menuju digital society.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Alasan mengurangi uang tunai termasuk 56 persen merasa kurang aman karena bisa jatuh atau dicuri, 53 persen lebih sering menggunakan pembayaran contactless seperti dompet digital atau kartu contactless, 48 persen merasa kurang aman karena bisa menyebarkan infeksi,” jelasnya dalam agenda Contactless Talk, Jumat (9/6/2023).

Lebih lanjut, Riko menambahkan, sekitar 44 persen masyarakat bahkan berpandangan membawa uang tunai dinilai merepotkan. Visa mencatat, migrasi kebiasaan baru tersebut umumnya terjadi pada generasi milenial dengan persentase mencapai 96 persen, boomers 95 persen, dan Gen Z sebanyak 85 persen.

Riko melanjutkan, di Indonesia uang tunai memang masih digunakan secara luas, tetapi tingkat penggunaannya dilaporkan mengalami penurunan dari 87 persen pada 2021 menjadi 84 persen pada 2022. Adapun, transaksi pembayaran melalui aplikasi atau in-app payment tumbuh mencapai level 80 persen pada 2022 dari posisi pada tahun sebelumnya yakni 45 persen.

Indonesia Semakin Cashless, Transaksi Lewat Kanal Digital Melesat Kemudian, transaksi QR payment juga terpantau mengalamai kenaikan dari 50 persen pada 2021 menjadi 62 persen di 2022. Sementara itu, penggunaan pembayaran menggunakan kartu, metode gesek tercatat masih menjadi paling dominan dengan portofolio penggunaan mencapai 59 persen, disusul oleh kartu kredit atau debit online pada 55 persen.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Alasan Uang Tunai Ditinggalkan, Mudah Dicuri hingga Bisa Sebar Infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya