SOLOPOS.COM - Ilustrasi transaksi di Pegadaian (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, SLEMAN- Sejak awal puasa hingga menjelang lebaran, jumlah transaksi di kantor pegadaian meningkat. Persentase angka peningkatan berkisar dari 20-100 persen.

“Dibandingkan bulan Juni, awal Juli ini mulai naik rata-rata 20persen,” kata Nirawan Hadi, Kepala Kantor Cabang Pegadaian Kentungan, ditemui Selasa (22/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dia lalu memaparkan jika pada bulan Juni rata-rata nilai transaksi berkisar Rp150 juta per hari, sejak awal Juli meningkat menjadi sekitar Rp200 juta per hari.

Ekspedisi Mudik 2024

Peningkatan serupa, dikatakan Nirawan juga terjadi di 5 kantor unit pegadaian yang ada di wilayahnya. “Di wilayah kami banyak yang punya usaha, jadi untuk bayar THR. Banyak juga mahasiswa yang biasanya mengadaikan laptop,” terangnya.

Saat ini transaksi penggadaian masih lebih banyak dibanding penebusan. Puncak transaksi penebusan diprediksi baru terjadi pada H-3 lebaran.

“Tapi kemarin di Kantor Unit Stan sudah mulai ada pengambilan. Misalnya ibu rumah tangga yang pada mengambil emas,” tambah Nirawan.

Barang yang paling banyak digadaikan di Kantor Cabang Pegadaian Kentungan adalah logam mulia. “Kami melayani 95 persen emas perhiasan dan batangan,” ungkap Nirawan.

Nasabahnya, sekitar 25% dari kalangan mahasiswa dan sisanya masyarakat umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya