SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Ilustrasi

JOGJA—Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono akan meresmikan pengoperasian area traffic control system, sistem tracking bus, dan e-ticketing untuk bus Trans Jogja.Peresmian mulai pukul 11.00 WIB akan dihadiri antara lain oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika DI Yogyakarta Tjipto Haribowo, dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, serta perwakilan dari Musium Rekor Indonesia (MURI) di kantor Dishub, Yogyakarta, Kamis (20/12/2012).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pada acara peresmian ini juga disertai penerimaan rekor dari Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk sistem e-ticketing atau tiket elektronik bus Trans Jogja.

Ekspedisi Mudik 2024

Bambang mengatakan area traffic control system (ATCS) ini merupakan bagian dari skema besar intelligent transport system (ITS) yang sedang dikembangkan Pemda DIY melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika. ATCS ini dikembangkan bersama-sama dengan sistem tracking bus dan e-ticketing bus Trans Jogja.

“Sistem ATCS yang merupakan transportasi cerdas yang sebenarnya sudah dilakukan di sejumlah kota seperti Solo dan Denpasar. Di Jogja baru diresmikan hari ini. Kedepannya, Medan tengah mempersiapkan diri,” kata Bambang.

ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas secara terkoordinasi di suatu kawasan/wilayah/area/daerah berbasis teknologi informasi, yang merupakan bagian dari travel dan traffic management system.
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika DIY Tjipto Haribowo mengatakan untuk memasang alat ATCS ini, pihaknya berinvestasi Rp4,5 miliar dari APBD. Untuk bus tracking dan e-ticketing Tjipto belum menghitung angka pastinya.

Saat ini, lanjut Tjipto, terdapat 54 bus Trans Jogja yang akan menggunakan sistem ATCS ini. Namun ntuk alat bus tracking, belum semua bus Trans Jogja yang dipasangi alat, masih bertahap. Ia menjelaskan dengan ATCS ini dapat dilakukan pengendalian lalu lalu lintas sesuai dengan kondisi kemacetan.

Sedangkan bus tracking, nantinya berguna untuk mengetahui sampai dimana bus Trans Jogja yang dapat dilihat calon penumpang di halte bus tersebut, serta dapat mengetahui berapa lama lagi perjalanan bus yang ditumpanginya tiba di tempat tujuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya