SOLOPOS.COM - Petugas kabin Transjogja menunjukkan ruang khusus penyandang disabilitas di Trans Jogja. Armada baru ini didesain lebih ramah bagi penyandang disabilitas. (Gilang Jiwana/JIBI/Harian Jogja)

Trans Jogja, pengelola bertekad mengurangi pelanggaran operasional

Harianjogja.com, JOGJA — Trans Jogja telah melakukan ratusan kali pelanggaran selama 2016 sesuai dengan hasil pengecekan Dinas Perhubungan DIY. Pada 2017, PT Anindya Mitra Internasional (AMI) selaku operator bertekad untuk mengurangi pelanggaran selama operasionalisasi Trans Jogja.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Berdasarkan data evaluasi operasional Trans Jogja yang dipaparkan dalam rapat Pansus Pengawasan Trans Jogja DPRD DIY, pada 2016 silam, operasionalisasi Trans Jogja tercatat melakukan 602 pelanggaran dalam tujuh jenis. Pelanggaran paling banyak terhitung 160 kali dalam hal ketaatan interval antara satu bus dengan bus lainnya dalam satu rute untuk bergantian sesuai waktu di halte. Urutan kedua diduduki jenis pelanggaran kelayakan operasi tercatat 153 kali. Kemudian 144 kali melakukan kegagalan operasi yang dimungkinkan karena bus mogok.

Selain itu, jenis pelanggaran kurangnya operasi sebanyak 79 kali. Bahkan sopir ugal-ugalan di jalan tercatat melakukan pelanggaran sebanyak 43 kali. Jenis pelanggaran lainnya yaitu pelanggaran rambu lalu lintas tercatat tiga kali dan pelanggaran operasional terhitung 20 kali.

Direktur PT AMI Dyah Puspitasari mengakui banyaknya pelanggaran tersebut lebih disebabkan karena perawatan armada, sehingga muncul beberapa jenis pelanggaran yang didominasi pada sisi operasional. Persoalan ini berkaitan dengan kondisi bus karena memang ada beberapa armada lama yang terpaksa dioperasikan pada 2016 demi melayani masyarakat.

“[April 2017] Kami nanti busnya banyak yang baru sehingga nanti [pelanggaran] itu akan berkurang dengan sendiri, kemudian sistem maintenance juga terus diperbaiki,” terangnya, Kamis (9/2/2017).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya