Trail Prototipe Pindad Cocok Juga Buat Tunjang Kerja Babinsa

PT Pindad kenalkan motor listrik bergaya trail, MotoEV.

 Penampakan MotoEV, prototipe motor listrik bikinan PT Pindad. (Foto: pindad.com)

SOLOPOS.COM - Penampakan MotoEV, prototipe motor listrik bikinan PT Pindad. (Foto: pindad.com)

Solopos.com, LOMBOK – Belum lama ini PT Pindad memamerkan prototipe motor listrik bergaya trail, MotoEV pada ajang World Superbike di Mandalika. Motor listrik yang disebut siap menunjang program pemerintah, termasuk dalam mewujudkan kendaraan ramah lingkungan.

PromosiPBNU dan KND Sepakati Gerakan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas

Melihat manuver dan modelnya, kendaraan tersebut cukup lincah digunakan untuk segala medan. Sementara TNI sendiri juga memiliki kebutuhan motor trail terbukti September lalu TNI AD mendistribusikan Trail Honda CRF sebanyak 232 unit untuk menunjang kinerja prajurit. Jadi masih relevan trail bikinan Pindad tersebut bersaing dan digunakan Babinsa karena tentu strategis untuk menunjang pekerjaan serta mengkampanyekan kendaraan ramah lingkungan.

Direktur Strategi Bisnis PT Pindad (Persero), Syaifuddin menyampaikan bahwa motor listrik ini akan menjadi salah satu produk unggulan perusahaan untuk menjawab kebutuhan kendaraan listrik dan mendukung program pemerintah.

Baca Juga: Yamaha Hadirkan All New R15 Connected, Ini Fitur-Fitur Andalannya

“Pindad saat ini telah menyelesaikan salah satu dari inovasi pengembangan produknya yakni motor listrik yang diharapkan akan menjadi jawaban atas kebutuhan kendaraan listrik di masa depan sesuai dengan misi pemerintah untuk menghadirkan kendaraan listrik yang akan mensupport program pemerintah dari sisi efisiensi energi yang ramah lingkungan sehingga ini akan menjadi salah satu produk unggulan Pindad,” ujar Syaifuddin segaimana tertuang dalam rilis, akhir November lalu.

Menurut pantauan Solopos.com, MotoEV itu juga dijajal di trek Pertamina Mandalika International Street Circuit. Syaifudding mengatakan uji coba itu sengaja sebagai langkah memperkenalkan MotoEV kepada awak media dan warga.

Baca Juga: Mini Jeep Willys Bertenaga Listrik Dijual Bebas, Harganya Rp55 Juta

Syaifuddin berharap kolaborasi dalam pengembangan kendaraan listrik di antara produsen kendaraan listrik di dalam negeri. “Sudah saatnya kompetisi bergeser menjadi kolaborasi. Kalau kompetisi muncul biaya yang besar, sedangkan kolaborasi hasilnya efisiensi,” lanjut Syaifuddin.

Pindad mencoba mengembangkan produk ini untuk multi-purpose sehingga bisa digunakan di segala medan secara maksimal baik di bidang pertahanan, industrial ataupun bidang-bidang lainnya yang membutuhkan mobilisasi yang cepat dengan efisiensi energi yang ramah lingkungan.

Baca Juga: Modifikasi Toyota Yaris, Mirip Mobil Superhero Batman?

MotoEV adalah motor listrik dengan kekuatan 5 kW, menggunakan baterai lithium dengan waktu charging sekitar 3-4 jam, dapat menempuh jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian baterai dan memiliki kecepatan maksimal hingga 120 km/jam. Keunggulan ini disamping lebih efisien dan ramah lingkungan juga akan memberikan penghematan yang cukup besar dari sisi penggunaan bahan bakar.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Kratos R, Sepeda Motor Listrik Terbaru dari Tork Kratos

Sempat menghilang dari pasar industri roda dua, produsen motor India Tork Kratos meluncurkan kendaraan listrik, Kratos R.

Ternyata Rambu-Rambu Lalu Lintas Ini Paling Sering Dilanggar

Dalam berkendara di jalan raya, para pengguna kendaraan dibatasi sejumlah rambu lalu lintas yang wajib ditaati.

Hyundai Creta Teruji Ampuh Lahap Rute Pegunungan Batur

Creta yang perdana diproduksi di dalam negeri oleh PT Hyundai Motor Indonesia ini juga cukup hemat dalam penggunaan bahan bakar.

Honda Jateng & Trooper Custom Berikan Hasil Lelang untuk Anak Difabel

Astra Motor Jateng bersama Trooper Custom resmi mengakhiri program “CB150R Charity Ride” bersama pemenang lelang helm dan Komunitas CBOCS Solo.

Wajib Tahu, Ini Tips Berkendara Aman dan Nyaman Saat Hujan ala Daihatsu

Daihatsu berbagi 3 tips aman dan nyaman ketika akan berkendara dalam kondisi hujan.

Honda Revo Semakin Memikat Dengan Striping Baru Berkesan Agresif

Perubahan desain stripe menjadikan Honda Revo series tampil sesuai dengan karakter pengendara yang aktif dalam menjalani aktivitas.

Desain Ala Vespa, Skuter Listrik Komaki Venice Berfitur Modern

Skuter listrik berdesain retro ala Vespa ini dilengkapi sejumlah fitur modern.

Ingin Motor Anda Hemat Bahan Bakar? Ini Caranya

Lantas bagaimana agar bisa menghemat BBM sepeda motor kendati digunakan setiap hari, berikut tipsnya.

Mobil Edisi Khusus Chevrolet, Corvette 70th Anniversary

Corvette 70th Anniversary Edition memiliki velg yang unik dengan center cap serta finishing yang gelap serta garis Edge Red.

Desain Truk Listrik Pininfarina Xingtu yang Aerodinamis dan Ekspansif

Truk bertenaga listrik Pininfarina Xingtu desainnya digarap perusahaan desain mobil Italia Pininfarina.

Bob-e Motor Listrik Bertampang Sangar dari Ignitron Motorcorp

Bob-e merupakan motor listrik produk dari perusahaan rintisan sepeda listrik Ignitron Motocorp dan dirancang khusus untuk pasar India.

Tips Otomotif: Ini Akibatnya Jika Tangki BBM Tak Full

Salah satu kebiasan tidak baik adalah tidak mengisi tangki bahan bakar minyak (BBM) pada kendaraan hingga full.

Kembangkan Kendaraan HEV, Renault Gandeng Geely

Selain memproduksi mobil HEV dan ICE yang rendah emisi, kerja sama itu juga menandai upaya Renault dan Geely untuk mengoptimalkan pasar otomotif kawasan Asia.

Ini Dua Mobil Wuling Terlaris Penjualannya di Indonesia

Ada dua mobil Wuling yang paling laris, sehingga mendongkrak kinerja produsen mobil asal China tersebut.

Cadillac Segera Rilis Produk Baru, Escalade-V 2023

Cadillac dikabarkan segera meluncurkan sebuah kendaraan unggulan terbaru yang digadang-gadang sebagai Cadillac Escalade-V 2023.

Menjajal Ketangguhan Terios Menyusuri Destinasi Menawan di Ibu Kota Negara

Salah satu destinasi yang dituju Tim Ekspedisi Terios 7 Wonders adalah Bukit Bangkirai yaitu kawasan wisata hutan tropis seluas 1.500 hektare.