SOLOPOS.COM - Ilustrasi trail adventure yang biasa disebut juga trabas. (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Trail Adventure 2016 yang diselenggarakan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah (Jateng) bakal diramaikan dua crosser asal Prancis.

Semarangpos.com, SEMARANG – Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Tengah (Jateng) menyelenggrakan kegiatan Trail Adventure 2016, Minggu (7/11/2016). Kegitan tersebut dipusatkan di depan Taman Marga Satwa Mangkang, Kota Semarang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain peserta dari berbagai daerah di Jateng, acara yang digelar untuk merayakan hari sumpah pemuda itu juga diikuti dua peserta asal Prancis Arnold dan Frans. Kedua warga negara Prancis yang telah tinggal di Kota Semarang selama beberapa bulan itu mengaku tertarik mengikuti kegiatan Trail Adventure 2016 dengan rute menyisir hutan wilayah Kota Semarang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Saat ada informasi, saya tertarik untuk ikut. Tertantang melihat alam sekitar Semarang,” ujar Arnold seperti dikutip Semarangpos.com dari Semarangkota.go.id.

Kegiatan yang digelar untuk menyambut Hari Pahlawan itu diikuti sekitar 2.500 peserta dari berbagai daerah di Jateng. Selain peserta dari Kota Semarang, Trail Adventure 2016 juga diikuti peserta dari Kendal, Grobogan, Salatiga, Kabupaten Semarang, Pati, Pemalang, Demak, dan beberapa wilayah lain.

Beberapa tokoh senior KNPI seperti mantan Ketua DPRD Jateng Murdoko. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, dan beberapa pejabat Pemerintah Kota Semarang pun turut meramaikan kegiatan tersebut. Hendrar Prihadi atau sering disapa Hendi berkesempatan memberikan sambutan sebelum peserta berangkat menuju rute yang sudah ditentukan.

Hendi menilai kegiatan seperti ini dirasa sangat positif di tengah gejolak politik yang timbul di beberapa wilayah. “Kebersamaan seperti ini wajib dijaga demi keutuhan NKRI. Jika di daerah lain lagi rame tentang persoalan politik, Kota Semarang dan Jateng terbukti tetap kondusif. Buktinya anak-anak muda dari berbagai elemen mau berkumpul di acara ini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KNPI Jateng Bintang Yudha Daneswara memaparkan Trail Adventure 2016 dimaksudkan untuk memperkenalkan KNPI ke komunitas trail di Jateng yang belakangan hari ini digandrungi banyak pemuda. “Itu sejalan dengan KNPI yang mewadahi anak muda. Kami berharap KNPI lebih bisa berkembang dan mampu mewadahi semua unsur kepemudaan,” paparnya.

Bintang kemudian mengungkapkan agenda selanjutnya yang akan diselenggarakan KNPI, yakni bakti sosial yang akan digelar pada 28 November mendatang. ”Kami memang ingin memberi wadah kegiatan positif bagi anak muda di Jateng. Harapannya, para pemuda aktif khususnya di bidang olahraga dan sosial,” ungkapnya.

Ketua Panitia Trail Adventure 2016, Kadarlusman, menerangkan acara tersebut adalah sebuah kegiatan yang menyertakan peserta pecinta trail untuk mengelilingi rute yang sudah ditentukan panitia. Ia juga menerangkan, panitia mengambil rute melalui dua wilayah, Kota Semarang dan Kabupaten Kendal. Peserta start dari Taman Marga Satwa Mangkang Semarang kemudian menyusuri hutan jati di Kelurahan Wonosari-Podorejo Kota Semarang dan berlanjut ke wilayah Kecamatan Kaliwungu Kendal sebelum kembali finis di depan Taman Marga Satwa Mangkang Semarang.

“Jumlah peserta sesuai target yang dicanangkan panitia. Kami sangat mengapresiasi atas kedatangan para pencinta trabas dari berbagai daerah untuk meramaikan event ini,” tandasnya. Dalam kegiatan itu, panitia menyediakan hadiah satu unit mobil, lima unit sepeda motor, serta hadiah hiburan lainnya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya