SOLOPOS.COM - Mahasiswa ITB dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknis Mesin dan Dirgantara (FTMD) bernama Muhammad Rasyid Ghifary meninggal saat uji coba pesawat tak berawak. (Istimewa)

Solopos.com, BANDUNG — Kronologi seorang mahasiswa ITB dari Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknis Mesin dan Dirgantara (FTMD) bernama Muhammad Rasyid Ghifary meninggal saat uji coba pesawat tak berawak. 

Mengutip Bisnis.com, Rasyid meninggal lantaran terkena pasak dari pelontar pesawat. Insiden terjadi pada Selasa (6/6/2023) lalu. 

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Saat itu, Rasyid sedang menguji coba pesawat tanpa awak di Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung. Latihan ini dilakukan karena Rasyid dan kawan-kawannya tergabung dalam UKM Aksantara ITB.

Uji coba juga menjadi salah satu persiapan Rasyid sebelum mengikuti Kontes Robot Terbang (KRT) dengan pesawat yang dirakitnya.

Sebenarnya, pesawat tanpa awak ini sudah dipersiapkan dengan sesempurna mungkin, bahkan siap untuk dilombakan.

Akan tetapi, uji coba yang dilakukan Rasyid dan kawan-kawan berujung duka karena dilakukan saat cuaca sedang tidak bersahabat.

Cuaca sedang hujan dan membuat disebut tanah di Laund Sulaiman basah dan tidak kondusif. Kondisi tanah yang basah itu membuat pasak dari alat pelontar pesawat tanpa awak tercabut dan mengenai tubuh Rasyid. 

Sebenarnya, ada dua orang yang terkena pelontar dari pesawat tak berawak tersebut. Akan tetapi, Rasyid terkena pada bagian tubuh yang fatal sehingga harus meregang nyawa karena hal ini.

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Kronologi Mahasiswa ITB Meninggal Dunia saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya