SOLOPOS.COM - sejumlah warga bereaksi saat para korban tabrakan KA barang dan kereta pawai para veteran di Texas, dievakuasi, Kamis (15/11/2012). (news.yahoo.com)

sejumlah warga bereaksi saat para korban tabrakan KA barang dan kereta pawai para veteran di Texas, dievakuasi, Kamis (15/11/2012). (news.yahoo.com)

DALLAS – Sebuah kecelakaan tragis terjadi saat sebuah kereta api (KA) barang menabrak pawai para anggota veteran dan pasangan mereka di Midland, Texas, Amerika Serikat (AS), Kamis (15/11/2012) waktu setempat. Empat orang meninggal dunia dan sedikitnya 17 orang terluka dalam insiden itu.

Promosi BRI Borong 12 Penghargaan 13th Infobank-Isentia Digital Brand Recognition 2024

Menurut pihak berwenang, para veteran perang itu duduk dengan pasangan masing-masing di atas trailer terbuka yang dihias bendera-bendera AS dan tulisan “Heroes on Board”. Para veteran perang yang semuanya mengalami luka perang itu tengah mengikuti pawai menuju pesta kehormatan

Malang, saat melintasi persimpangan kereta api di Midland, rangkaian trailer itu tertabrak KA barang.

Kepanikan melanda mereka yang duduk di trailer saat klakson lokomotif terdengar, kata Patricia Howle, salah seorang saksi mata.

“Putriku berkata, Momma, kereta akan datang! Lalu saya melihat trailer mulai menyeberangi rel KA,” kata Howle kepada Kosa-TV seperti dilansir yahoonews, Jumat (16/11/2012).

“Orang-orang di trailer melihat kereta datang dan melompat ke segala arah. Saya menutupi wajah, saya tidak ingin melihatnya,” imbuhnya.

Trailer tersebut membawa dua gandengan yang diisi dengan tempat duduk untuk sekitar 60 orang, lengkap dengan hiasan bendera dan foto-foto para veteran beserta nama mereka.

Menurut polisi, gandengan pertama telah melewati rel, sedangkan gandengan kedua tepat berada di rel saat KA barang datang dan menghantamnya.

Dua orang tewas di tempat kejadian dan dua lainnya meninggal di RS Midland Memorial. Tujuh orang yang terluka berada dalam kondisi kritis, sedangkan 10 lainnya berada dalam kondisi stabil.

Juru bicara Union Pacific, Tom Lange, mengatakan penyelidikan awal menunjukkan gerbang penyeberangan dan lampu berfungsi saat insiden tabrakan terjadi. Namun Lange tidak tahu apakah awak kereta melihat trailer gandengan itu mendekat pada saat bersamaan.

“Ada akan menjadi penyelidikan sangat teliti,” kata Lange. “Ini jelas merupakan insiden yang sangat tragis.”

Dewan Keamanan Transportasi Nasional juga sedang menyelidiki insiden itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya