Tragis! Balita Cirebon Koma Dipatuk Ular Weling
Ilustrasi ular. (Reuters)

Solopos.com, CIREBON – Kisah tragis dialami bocah di bawah lima tahun, Adila, asal Cirebon, Jawa Barat. Bocah berusia empat tahun itu koma selama beberapa hari akibat dipatuk ular berbisa saat sedang tidur.

Adila diketahui mengalami koma sejak Sabtu (8/2/2020). Saat ini, dia dirawat di Rumah Sakit Daerah Gnung Jati Kota Cirebon, Jawa Barat.

Tim medis berkoordinasi dengan seorang dokter spesialis kegawatdaruratan Badan Kesehatan Dunia (WHO) untuk menangani Adila yang saat ini masih dalam kondisi kritis. Mereka belum menemukan anti-venom alias penawar racun ular weling yang mematuk Adila.

Ibunda Adila, Rusmiyati, 24, mengatakan anaknya dipatuk ular saat tertidur pulas di rumahnya, Jumat (7/2/2020) malam sekitar pukul 23.30 WIB. Dia dan suaminya, Mukmin, 27, terbangun lantaran mendengar tangisan anaknya.

Pasangan suami istri asal Pamengkang, Cirebon, itu kaget melihat ada ular weling di kaki anaknya. “Saya kaget. Ularnya langsung diambil suami saya, terus dibunuh. Kita langsung bawa anak ke rumah nenek,” terang Rusmiyati seperti dikabarkan Detik.com, Rabu (12/2/2020).

Gigitan ular tersebut membuat kondisi Adila kritis. Balita tersebut tidak bisa diaak bicara saat di bawa ke rumah neneknya.

Ironisnya, Rusmiyati dan Mukmin tidak sadar jika Adila dipatuk ular. “Saya tidak tahu kalau digigit. Ternyata setelah dicek, di tumitnya ada gigitan ular. Langsung kita bawa ke rumah sakit yang dekat,” sambung Rusmiyati.

Menurut Rusmiyati, dia dan keluarganya sama sekali tidak sadar Adila digigit ular sekitar 30 menit. Setelah tahu ada bekas gigitan ular, mereka sempat menydot darah Adila di bagian luka bekas gigitan ular.

Pihak keluarga Rusmiyati mencoba menghentikan penyebaran bisa ular dengan cara mengikat kain di mata kaki dan tumit Adila. Sesampainya di rumah sakit, Adila dalam kondisi tidak sadar.

“Pas dibawa ke rumah sakit ternyata tidak ada anti-bisanya. Kemudian kita bawa ke RSD Gunung Jati. Tapi, kondisinya sudah tidak sadar. Napasnya tak normal. Sampai sekarang kondisinya masih koma,” imbuh Rusmiyati.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Adila dipatuk ular weling atau Bungarus candidus yang habitatnya di wilayah Cirebon. Sampai saat ini tim medis belum menemukan penawar bisa yang terlanjut menyebar ke seluruh tubuh Adila.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho