SOLOPOS.COM - Ilustrasi (google/anneahira.com)

Ilustrasi (google/anneahira.com)

SOLO--Sebanyak 81 siswa kelas VI SD Negeri Joglo No 76, Solo mengenang dan mendoakan korban tragedi penembakan di SD Sandy Hook, Connecticut, Amerika Serikat. Doa bersama itu dilakukan di halaman sekolah setempat, Selasa (18/12/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Siswa-siswa berkumpul dan membentuk lingkaran, sebagian membawa enam poster bergambar foto korban tragedi penembakan dan sebagian lainnya memegang bunga. Doa dipimpin seorang guru, siswa-siswa tertunduk dan mengamini ketika doa dibacakan.

Setelah itu, siswa yang membawa bunga satu persatu beranjak dari tempat duduknya dan menempatkan bunga di depan poster korban.

Salah satu siswa, Iqbal Syaibani, mengaku sangat sedih dan prihatin ketika mengetahui tragedi kemanusian terjadi pada rekan-rekan sebayanya. Dia tak habis pikir mengapa ada orang yang begitu tega melakukan tindakan kekerasan di sekolah.

“Saya berdoa agar hal itu tidak terulang, apalagi sampai terjadi di Indonesia,” ujarnya setelah berdoa.

Selain untuk mendoakan korban, kegiatan pagi itu juga sebagai sarana pembelajaran dan pendidikan karakter bagi siswa. Mereka secara langsung belajar mengenai rasa simpati dan empati kepada sesama juga untuk menentang aksi kekerasan.

“Para siswa bisa sama-sama prihatin dan menunjukkan kepedulian mereka pada sesama,” jelas Kepala SD Negeri Joglo 76, Kustinah.

Nenden Sekar Arum N/JIBI/SOLOPOS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya