SOLOPOS.COM - Korban meninggal dunia di pesta Hallowen Itaewon, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan, Minggu (30/10/2022) pukul 03.00 waktu setempat. (Istimewa/Twitter.com)

Solopos.com, JAKARTA–Sebanyak 146 orang dilaporkan meninggal dunia dan 150 orang terluka dalam perayaan pesta Hallowen di Itaewon, Yongsan-gu, Seoul, Korea Selatan, Minggu (30/10/2022) pukul 03.00 waktu setempat.

Departemen Kebakaran Seoul menerima laporan sebagian massa pawai perayaan Halloween kesulitan bernapas sekitar pukul 22.22, Sabtu (29/10/2022). Sekitar pukul 11.30, petugas memberikan pertolongan pertama kepada puluhan orang yang tidak sadarkan diri di dekat Hamilton Hotel in Itaewon.

Promosi Cuan saat Ramadan, BRI Bagikan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

“Sekitar 50 pasien mengalami henti jantung,” demikian laporan yang dipublikasi Koreaherald, Minggu (30/10/2022).

Kali pertama pengguna media sosial riuh melaporkan pawai massa bagian dari perayaan Halloween sejak Sabtu tengah malam, menjelang Minggu.

Diunggah pula beberapa foto dan video pertolongan terhadap korban. Unggahan lebih lanjut juga menunjukkan bagaimana kantong berwarna biru dijajar di tepian jalan. Kantong yang membungkus jasad mereka yang tidak lagi bernapas.

Koreanherald melaporkan sekitar 100.000 orang merayakan pekan Halloween dengan turun ke jalan.

Merespons kejadian tragis ini, Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memerintahkan semua kementerian dan lembaga, dipimpin Menteri Pelayanan Publik dan Administrasi, harus memberikan segala upaya untuk membantu korban.

Pernyataan Presiden Yoon Sul-yeol menurut Lee Jae-myung, wakil Juru Bicara Kepresiden, diikuti pula dengan instruksi untuk mengambil langkah mengantisipasi kerawanan akibat perayaan Halloween di seluruh negeri.

Belum ada informasi dari otoritas, mengapa massa berkumpul di satu lokasi dan menyebabkan sebagian di antaranya gagal bernapas.

Otoritas menyebutkan dari 120 orang meninggal, perinciannya 74 orang dibawa ke rumah sakit, 46 orang dibawa ke gedung multiguna.

Para korban sedang diidentifikasi. Korban meninggal berkisar pada usia 20-an tahun.

Departemen Pemadam Kebakaran menerjunkan 848 personel, termasuk 364 petugas pemadan kebakaran, untuk dimobilisasi dalam penanganan kecelakaan ini.

Sebanyak 142 ambulans juga disiagakan. Tragedi yang menelan ratusan korban jiwa dalam perayaan Hallowen berpusat di sekitar Hamilton Hotel di Itaewon.

Sebelumnya, sekitar pukul 23.30, di lokasi tersebut dilaporkan puluhan orang kesulitan bernapas karena padatnya kerumunan orang.

Berita ini telah tayang di Bisnis.com berjudul Update Tragedi Halloween Itaewon, Seoul, 146 Tewas, 150 Terluka

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya