Tragedi Kanjuruhan, Panitia Nekat Gelar Laga Malam Padahal Sudah Diingatkan

Sebelum pertandingan pihak aparat sudah mengantisipasi melalui koordinasi dan usul-usul teknis di lapangan, misalnya pertandingan agar dilaksanakan sore, jumlah penonton agar disesuaikan dengan kapasitas stadion, yakni 38.000 orang.

 Sebuah mobil polisi terbalik akibat kericuhan seusai pertandingan Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, Minggu (2/10/2022). Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam kerusuhan tersebut. (ANTARA FOTO/H Prabowo/pras)

SOLOPOS.COM - Sebuah mobil polisi terbalik akibat kericuhan seusai pertandingan Liga 1 antara Arema melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jatim, Minggu (2/10/2022). Sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam kerusuhan tersebut. (ANTARA FOTO/H Prabowo/pras)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengatakan pemerintah menyesalkan tragedi kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, seusai pertandingan Arema FC dan Persebaya yang menewaskan sedikitnya 127 orang.

“Pemerintah akan menangani tragedi Kanjuruhan ini dengan baik. Kepada keluarga korban kami menyampaikan belasungkawa,” kata Mahfud ketika dikonfirmasi wartawan di Jakarta, Minggu (2/10/2022), mengenai tragedi Kanjuruhan seperti dilansir Antara.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Mahfud berharap agar keluarga korban bersabar dan terus berkoordinasi dengan aparat dan petugas pemerintah di lapangan. “Pemda Kabupaten Malang akan menanggung biaya rumah sakit bagi para korban,” ujarnya.

Mahfud juga telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta terkait persoalan itu.

Menurut dia, sebelum pertandingan pihak aparat sudah mengantisipasi melalui koordinasi dan usul-usul teknis di lapangan, misalnya pertandingan agar dilaksanakan sore, jumlah penonton agar disesuaikan dengan kapasitas stadion, yakni 38.000 orang.

“Tapi usul-usul itu tidak dilakukan oleh panitia yang tampak sangat bersemangat. Pertandingan tetap dilangsungkan malam dan tiket yang dicetak jumlahnya 42.000,” kata Mahfud.

Baca Juga: Tragedi Kanjuruhan Ternyata Terbesar Kedua dalam Kerusuhan Sepak Bola di Dunia

Pemerintah, tambah dia, telah melakukan perbaikan pelaksanaan pertandingan sepak bola dari waktu ke waktu dan akan terus diperbaiki.

“Tetapi olahraga yang menjadi kesukaan masyarakat luas ini kerapkali memancing para suporter untuk mengekspresikan emosi secara tiba-tiba,” ujarnya.

Sementara itu berdasarkan informasi yang beredar, Polres Malang telah mengirimkan surat resmi kepada Panpel Arema FC untuk menggelar laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya pada sore hari, bukan malam hari.

“Bersama ini kami mohon bantuannya kepada Panpel Arema FC agar mengajukan surat permohonan perubahan jadwal pertandingan sepak bola BRI Liga 1 Tahun 2022 kepada PT Liga Indonesia terkait rencana pertandingan sepak bola antara Arema FC vs Persebaya pada hari Sabtu tanggal 1 Oktober 2022 yang sedianya main pada pukul 20.00 WIB agar diajukan menjadi pada pukul 15.30 WIB dengan pertimbangan keamanan,” demikian isi surat tertanggal 13 September tersebut.

Surat yang ditandatangani oleh Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat tersebut juga ditembuskan kepada Kapolda Jatim, Irwasda Polda Jatim, Karoops Polda Jatim, dan Ketua Umum PSSI.

Baca Juga: Dilarang FIFA di Stadion, Seperti Ini Efek Gas Air Mata pada Manusia

Hingga Minggu pagi, sebanyak 127 orang dilaporkan meninggal dunia dalam tragedi yang terjadi setelah pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Kapolda Jawa Timur Irjen Pol. Nico Afinta dalam jumpa pers di Malang, Minggu, mengatakan dari 127 orang yang meninggal dunia tersebut, dua di antaranya merupakan anggota Polri.

“Dalam kejadian itu, telah meninggal 127 orang, dua di antaranya adalah anggota Polri,” kata Nico.

Nico menyebutkan sebanyak 34 orang dilaporkan meninggal dunia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, sementara sisanya meninggal dunia saat mendapatkan pertolongan di sejumlah rumah sakit setempat.

Baca Juga: Tragedi Kerusuhan di Stadion Kanjuruan, Puluhan Korban Belum Teridentifikasi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan dukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang dalam tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, pada Sabtu (1/10/2022) malam hingga Minggu (2/10/2022) dini hari.

“Saya menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya 129 orang saudara-sudara kita dalam tragedi sepak bola di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangannya di Istana Kepresidenan Bogor, pada Minggu seperti dilansir dari website .

“Saya telah meminta Menteri Kesehatan dan Gubernur Jawa Timur untuk memonitor khusus pelayanan medis bagi korban yang sedang dirawat di rumah sakit agar mendapatkan pelayanan terbaik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kepala Negara juga telah memerintahkan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), dan Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh tentang pelaksanaan pertandingan dan prosedur pengamanan penyelenggaraan sepak bola di Tanah Air.

Secara khusus, Presiden meminta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi dan mengusut tuntas kasus ini. Di saat yang sama, Kepala Negara meminta agar Liga 1 dihentikan sementara.

 

 

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Harry Kane Ungkap Kesiapan Inggris Hadapi Prancis di 8 Besar Piala Dunia 2022

      Kapten tim Inggris Harry Kane menyatakan Inggris semakin menunjukkan kedewasaan  dan siap bertemu juara bertahan Prancis pada babak perempat final Piala Dunia 2022.

      Road to Final Piala Dunia 2022: Final Dini Prancis vs Inggris di 8 Besar

       Final dini Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Inggris akan tersaji di babak perempat final setelah keduanya memenangkan babak 16 besar.

      Hasil 16 Besar Piala Dunia 2022: Inggris Bantai Senegal 3-0!

      Inggris menang besar 3-0 melawan Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor.

      Daftar Top Skor Piala Dunia 2022, Mbappe Kembali ke Puncak

      Kylian Mbappe kembali memuncaki daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Piala Dunia 2022.

      Hasil Piala Dunia 2022: Hajar Polandia 3-1, Prancis Mantap ke Perempat Final

      Prancis melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dengan mantap setelah  menyingkirkan Polandia 3-1 pada babak 16 besar di Al Thumama Stadium Doha.

      Prediksi Skor Inggris Vs Senegal di Piala Dunia 2022: Akan Ada Kejutan!

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Inggris dan Senegal.

      Dominasi Permainan, Prancis Atasi Polandia 1-0 di Babak Pertama

      Prancis mengalahkan Polandia 1-0 pada babak pertama 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha

      Susunan Pemain Prancis vs Polandia: Ngeri, Les Bleus Kerahkan 4 Penyerang

      Prancis menurunkan empat penyerang melawan Polandia pada pertandingan ketiga babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Thumama Stadium Doha.

      Skenario 16 Besar Inggris vs Senegal: Three Lions Haus Gol

      Laga Inggris vs Senegal di babak 16 besar Piala Dunia 2022 bakal menjadi ajang ketajaman para penyerang Inggris.

      Prediksi Skor Prancis Vs Polandia di Piala Dunia 2022: Juara Bertahan Menggila

      Berikut prediksi skor dan susunan pemain pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia FIFA 2022 antara Prancis dan Polandia.

      Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Inggris vs Senegal Main Pukul 02.00 WIB

      Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Inggris vs Senegal pada dini hari nanti bisa diakses melalui live streaming.

      Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Inggris vs Senegal

      Data dan fakta Inggris vs Senegal pada babak 16 besar Piala Dunia 2022 di Al Bayt Stadium Al Khor.

      Skenario 16 Besar Prancis vs Polandia: Adu Tajam Mbappe vs Lewandowski

      Adu tajam Kylian Mbappe vs Robert Lewandowski menjadi skenario laga Prancis vs Polandia di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

      Link Live Streaming Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia Main Pukul 22.00 WIB

      Laga babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Prancis vs Polandia pada malam hari nanti bisa diakses melalui klik link live streaming.

      Data dan Fakta Menarik Jelang 16 Besar Prancis vs Polandia

      Data dan fakta babak 16 besar Piala Dunia 2022 Prancis vs Polandia di Al Thumama Stadium Doha.