SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tiktok. (The Verge)

Solopos.com, JAKARTA -- Selama Ramadan, berbagai provider menaikkan kemampuan base transceiver station (BTS) karena diprediksi mengalami lonjakan trafik penggunaan aplikasi.

Telegram, WhatsApp, dan TikTok menjadi primadona pengguna telepon pintar saat Ramadan. Mengutip dari liputan6.com, Jumat (16/4/2021) Telkomsel pun menambah kapasitas 63 BTS yang akan beroperasi. Kapasitas Internet akan menjadi 8,07 Tbps. Provider itu pun menyiapkan jaringan 3G dan 4G dengan tambahan 236.000 unit BTS guna memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Provider tersebut pun menambah 263 unit BTS baru dengan jaringan 4G. Faktor yang menyebabkan kenaikan lonjakan trafik aplikasi ini dikarenakan Ramadan dan pandemi.

Baca Juga : Harga Bitcoin Bisa Tembus Hingga Rp5,8 Miliar, Investor Makin Tergiur

Direktur Telkomsel, Nugroho, mengatakan momen Ramadan dan Idul Fitri, membuat intensitas silaturahmi virtual yang meningkat. Larangan mudik dari pemerintah memperkuat bahwa akan berlangsung silaturahmi virtual.

Adapun ada beberapa aplikasi yang mengalami peningkatan trafik selama Bulan Puasa ini. Telegram menjadi aplikasi nomor satu yang mengalami kenaikan trafik sekitar 19,6%. Selain itu disusul aplikasi WhatsApp dengan presentase yang sama yakni 19,6%. Keduanya sama-sama aktif dibutuhkan entah dalam hal pendidikan atau memang sekadar chatting biasa.

Aplikasi yang mengalami kenaikan trafik lainnya adalah TikTok. Aplikasi yang sempat menjadi kontroversial pada masanya, kini mulai digandrungi oleh masyarakat. TikTok dalam jaringan Telkomsel trafiknya naik hingga 16,6 persen saat Ramadan.

Baca Juga : WhatsApp Kena Serangan Malware, Awas Obrolan Pengguna Bisa Disabotase

Selanjutnya disusul oleh Instagram dengan kenaikan trafik 15,2 persen. Aplikasi lainnya seperti Mobile Legend, Facebook, Twitter, dan Youtube mengalami kenaikan 6 persen hingga 8 persen saat Ramadan. Akan tetapi, aplikasi video conference malah anjlok hingga 9 persen saat Ramadan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya